PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MOTIVASI INVESTASI, DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DIGITAL PADA GENERASI Z DI MASA PANDEMI COVID-19

ALDIKI, REZA SATRIA (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MOTIVASI INVESTASI, DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DIGITAL PADA GENERASI Z DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)

Abstract

This study aims to analyze financial literacy, investment motivation, and investment knowledge, on digital investment interest in generation Z during the Covid-19 pandemic. This type of research is quantitative. Population of this study is Generation Z in the Jakarta area. Sampling method used is non-probability sampling with purposive sampling technique and adapted to the Maximum Likelihood Estimation (MLE) technique. Sample in this study was 152 respondents. Data collection techniques in this study used a questionnaire as a research instrument. Data collection instrument used in this study was a questionnaire as primary data and secondary data in the form of literature studies from journals, books, and sources of information from the mass media. Data from respondents was processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with SmartPLS 3 software. This study proves that financial literacy has a positive and significant effect on generation Z digital investment interest, investment motivation has a positive and significant effect on generation Z digital investment interest, and investment knowledge has a positive and insignificant effect on generation Z digital investment interest. Keywords: Financial Literacy, Investment Motivation, Investment Knowledge, Digital Investment Interest, Generation Z, Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi keuangan, motivasi investasi, dan pengetahuan investasi, terhadap minat investasi digital pada generasi Z di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah generasi Z di wilayah Jakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan disesuaikan dengan teknik Maximum Likelihood Estimation (MLE). Sampel dalam penelitian ini adalah 152 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebagai data primer dan data sekunder berupa studi kepustakaan dari jurnal, buku, dan sumber informasi dari media massa. Data dari responden diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3. Penelitian ini membuktikan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi digital generasi Z, motivasi investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi digital generasi Z, dan pengetahuan investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat investasi digital generasi Z. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Minat Investasi Digital, Generasi Z, Covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 22 243
Call Number: SE/31/22/143
NIM/NIDN Creators: 43118010206
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Minat Investasi Digital, Generasi Z, Covid-19
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.1 Administration and Library Management/Administrasi dan Manajemen Perpustakaan > 025.11 Finance/Keuangan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.6 Investment/Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:36
Last Modified: 24 Nov 2022 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71877

Actions (login required)

View Item View Item