PENGARUH TAYANGAN FOOD VLOGGER CHANNEL YOUTUBE MGDALENAF TERHADAPMINAT KULINER

MULYANI, FIIS (2022) PENGARUH TAYANGAN FOOD VLOGGER CHANNEL YOUTUBE MGDALENAF TERHADAPMINAT KULINER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

The Effect of Food Vlogger's Impressions on Mdgalenaf's Youtube Channel on Culinary Interests (Jakarta Culinary Community Survey) Mgdalenaf is a category of blog and people channel on YouTube that is entertainment by visiting and discussing the culinary arts of the archipelago. The problem in this study is how the Mgdalenaf channel's food vlogger youtube content influences culinary interests. The theory used in this study is to use theory and effects is a theory that explains the relationship between communication delivered through mass media, which creates an effect for users of the mass media. This study aims to determine how much influence the Mgdalenaf YouTube channel food vlogger shows on culinary interest in the Jakarta culinary community. The paradigm used in this study is a positivistic paradigm with dependency theory which discusses the power of mass media in influencing audiences because of the nature of dependence on mass media content. This research is quantitative with the results in the form of numbers that are processed using the SPSS 27 program with correlation test analysis techniques and simple linear regression tests and using probability sampling techniques for distribution. The results of this study show that the food vlogger youtube channel Mgdalenaf's content has an effect on culinary interest as evidenced by a simple linear regression test with the culinary interest variable that t count > t table, namely (11,722) > t table (3.149). From these results, tcount > t table which means (Ho) is rejected and (Ha) is accepted and with a significant value of 0.000 < 0.05 which means that food vloggers have a significant effect on culinary interest with the correlation value showing a strong relationship between food vloggers and culinary interests, which is equal to 0.767 and the value of the coefficient of determination is 58.9%. Keywords: Youtube, Food Vlogger, Culinary Interests. Mgdalenaf merupakan sebuah kategori channel blog dan orang di youtube yang bersifat hiburan dengan mengunjungi dan membahas mengenai kuliner nusantara. Adapun permasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh konten youtube food vlogger channel Mgdalenaf terhadap minat kuliner. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teori uses and effects merupakan sebuah teori yang dijelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa, yang menimbulkan sebuah effects bagi pengguna dari media massa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan food vlogger channel youtube Mgdalenaf terhadap minat kuliner pada komunitas kuliner Jakarta. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma postivistik dengan teori ketergantungan (Dependency Theory) yang membahas mengenai kekuatan media massa dalam memengaruhi khalayak audience karena adanya sifat ketergantungan audience terhadap isi media massa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan program SPSS 27 dengan Teknik analisis uji korelasi dan uji regresi linear sederhana serta menggunakan Teknik probability sampling untuk penyebaran kuesionernya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa konten youtube food vlogger channel youtub Mgdalenaf berperngaruh terhadap minat kuliner yang dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana dengan variabel minat kuliner bahwa t hitung > t tabel, yaitu (11,722) > t tabel (3,149). Dari hasil tersebut bahwa thitung>ttabel yang artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima dan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya food vlogger berpengaruh signifikan terhadap minat kuliner dengan nilai korelasi menujukkan hubungan kuat antara food vlogger terhadap minat kuliner yaitu sebesar 0,767 dan nilai koefiensi determinasi 58,9%. Kata Kunci : Youtube, Food Vlogger, Minat Kuliner.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 075
NIM/NIDN Creators: 44116010193
Uncontrolled Keywords: Youtube, Food Vlogger, Minat Kuliner.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: WADINDA ROSADI
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:22
Last Modified: 03 Oct 2022 07:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69774

Actions (login required)

View Item View Item