PERSEPSI ANAK TERHADAP FUNGSI FILM ANIMASI SPONGEBOB SQUAREPANTS (STUDI TERHADAP SISWA KELAS V SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KARAWANG)

Permata, Dina Mega (2007) PERSEPSI ANAK TERHADAP FUNGSI FILM ANIMASI SPONGEBOB SQUAREPANTS (STUDI TERHADAP SISWA KELAS V SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KARAWANG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
lembar pengesahan.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf

Download (1kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Kuesioner Form.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Film sebagai salah satu alat komunikasi masa memiliki fungsi yang penting bagi masyarakat yaitu sebagai pemberi informasi, pendidik, pembujuk dan penghibur. Anak-anak sebagai salah satu elemen dalam masyarakat ikut mengkonsumsi berbagai film yang ditayangkan televisi, salah satunya film animasi Spongebob Squarepants. Film ini sangat digemari oleh anak-anak, Spongebob memiliki jam tayang cukup tinggi dibanding film animasi lainnya. Namun apakah film ini dapat memberikan keempat fungsi diatas. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi anak-anak terhadap fungsi film animasi Spongebob Squarepant apakah film tersebut berfungsi mendidik, menginformasi, mempersuasi atau menghibur. Penelitian ini mengacu kepada konsep persepsi yang dikemukakan oleh DeVito dkk, yaitu proses persepsi di awali dengan adanya stimuli alat indra, selanjutnya interprestasi yaitu pengorganisasian informasi dan akhirnya proses penafsiran-evaluasi. Persepsi siswa-siswi SDIT AL Irsyad di awali dari menonton film, lalu menafsirkan pesan yang dipengaruhi oleh latar belakang, pengalaman, sistem nilai yang di anut, kepribadian, kecerdasan. Proses persepsi sudah mampu di lakukan oleh anak usia 10-13 tahun, pada usia ini anak sudah mampu memahami, mengolah informasi, berfikir dan mampu menyatakan sikap dan keyakinannya. Sedangkan konsep komunikasi yang digunakan adalah dari Alexis S Tan, yang mengemukakan bahwa fungsi komukasi terdiri dari edukasi, informasi, persuasi dan hiburan. Film merupakan salah satu alat komunikasi massa, yang memainkan peran keempat fungsi diatas terhadap penontonnya. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner terhadap 51 siswa kelas V. Teknik penarikan sampel ini menggunakan metode total sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Spongebob Squarepants di persepsikan oleh anak-anak usia 10-13 tahun memiliki fungsi informasi, edukasi, persuasi dan hiburan. Hal ini terlihat dari rata-rata persentase dari setiap fungsi diatas 50%. Pada penelitian fungsi Informasi yaitu 90%, untuk fungsi edukasi 77 %, fungsi Persuasi 53%, dan untuk fungsi hiburan persentasenya yaitu sebanyak 74 %.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 0410312-004
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI ANAK TERHADAP FUNGSI FILM ANIMASI SPONGEBOB SQUAREPANTS (STUDI TERHADAP SISWA KELAS V SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KARAWANG)
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:00
Last Modified: 31 Aug 2022 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68687

Actions (login required)

View Item View Item