KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM VIDEO KLIP “ALL ABOUT THAT BASS” MEGHAN TRAINOR (Analisis Semiotika Model Roland Barthes )

EDRIANA, (2018) KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM VIDEO KLIP “ALL ABOUT THAT BASS” MEGHAN TRAINOR (Analisis Semiotika Model Roland Barthes ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1.HAL COVER.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Pada saat ini industri budaya yang tersampaikan melalui media massa memang sedang mengalami perkembangan secara signifikan. Penggunaan media massa dalam menyebarkan pesan baik itu yang bersifat informatif maupun persuasif dapat diakui sebagai sebuah langkah konkrit yang efisien. Penyebaran informasi dalam media massa juga tidak hanya ajakan secara langsung namun juga terkadang menggunakan seperangkat kode yang beisi pesan yang nantinya harus dipecahkan menggunakan teori-teori semiotika. Dalam menganalisi pesan media massa, teori yang paling populer adalah teori semiotika yang diperkenalkan oleh Roland Barthes, seorang pakar semiotika yang berasasl dari Prancis. Teori ini menekankan pada penggunaan makna denotatif dan makna konotatif didalam sebuah produk media massa, misalnya : film, buku, lagu, video klip, dll. Dalam penulisan skripsi ini, penulis berusaha untuk menganalisis sebuah video klip yang dipopulerkan oleh penyanyi Amerika Serikat, Meghan Trainor. Video ini berjudul All About That Bass. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Komodifikasi Tubuh perempuan dalam Video Klip “All About That Bass” Megan Trainor. Dalam video klip tersebut perempuan diKomodifikasi Tubuh secara berbeda dari konstrusksi yang diciptakan media selama ini. Video klip All About That Bass dalam adegan-adegan dan lirik lagunya mencoba membuat Komodifikasi Tubuh baru tentang perempuan. Dalam video klip tersebut perempuan seolah diberikan pandangan baru bahwa perempuan ideal tidak harus langsing, putih ataupun berambut lurus. Hasil dari penelitian ini diperoleh melalui proses analisisterhadap beberapa scenelalu diambil gambar yang ada pada video klip All About That Bass, kemudian mendeskripsikannya ke dalam suatu bentuk analisis yang tersistematis. Sehingga menghasilkan serangkaian tanda yang menyentil perspektif pemikiran masyarakat yang mengklarifikasikan kecantikan dengan beberapa ciri-ciri fisik tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 18 004
NIM/NIDN Creators: 44113320015
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:06
Last Modified: 23 Aug 2022 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68224

Actions (login required)

View Item View Item