REPERSENTASI GAYA KEPEMIMPINAN BOSS MAN DALAM FILM “MY STUPID BOS” (DALAM ANLISISI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

PRAKOSO, FAJAR EKO BUDI (2017) REPERSENTASI GAYA KEPEMIMPINAN BOSS MAN DALAM FILM “MY STUPID BOS” (DALAM ANLISISI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Film “My Stupid Bos” merupakan film seorang pemimpin yang pelit, licik, curigaan, dan suka melanggar aturan yang membuat stres seluruh karyawannya. Gaya Kepemimpinan dalam film My Stupid Bos, merupakan representasi yang dihasilkan dari beberapa kutipan film memberi berdasarkan realitas yang terikat dengan konteks dan diwujudkan kedalam teks yang dilihat dari teori semiotika. Teori semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda, berfungsinya makna, dan produksi makna. Teori semiotika pada penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes, ia mengembangkan semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yaiut tingkat denotasi dan konotasi. Peneliti ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian dengan analisis semiotika yang menyelidiki semua komunikasi yang terjadi dengan sarana “tanda-tanda” dan berdasarkan pada “sistem tanda”. Unit analisisnya memfokuskan penelitian kedalam tanda-tanda yang terdapat diunsur audio dan visual yang dikhususkan pada komunikasi verbal dan non verbal terkait dengan penelitian tersebut, yaitu pada setiap scene yang berkaitan dengan tema penelitian pada film “My Stupid Bos”. Analisis data dengan cara menganalisis semua data yang terkumpul secara kualitatif, kemudian mengkategorisasikan pesan film yang diteliti kedalam tiga kategori yaitu pesan linguistik, ikonik yang terkodekan dan ikonik yang tak terkodekan. Hasil penelitian dan pembahasan ditemukan makna denotasi dan konotasi yang melahirkan mitos-mitos sebagai ideologi yang tersembunyi dibalik film “My Stupid Bos”. Tanda dan simbol gaya kepemimpinan dalam film ini dieksploitasi melaui penggambaran yang kurang semestinya seorang Bossman. Eksploitasi simbol-simbol gaya kepemimpinan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 17 028
NIM/NIDN Creators: 44115310027
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:57
Last Modified: 20 Aug 2022 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68149

Actions (login required)

View Item View Item