REPRESENTASI POLIGAMI DALAM FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (Analisis Semiotika Roland Barthes)

FADHILAH, AHMAD (2017) REPRESENTASI POLIGAMI DALAM FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Dunia perfilman pada saat ini semakin berkembang pesat. Munculnya film yang bergenre horor, komedi, action, percintaan, hingga film yang membahas tentang isu sosial. Film yang diambil dari novel karangan Asma Nadia yang berjudul sama dengan film ini yaitu Surga Yang Tak Di Rindukan. Menceritakan tentang kehidupan keluarga muslim yang taat beribadah dimana sang suami melakukan poligami. Film Surga Yang Tak Di Rindukan adalah film yang diteliti oleh penulis untuk mengetahui poligami yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotik yang didasari oleh kerangka pemikiran mengenai komunikasi massa, karakteristik dan fungsi komunikasi massa, film sebagai bentuk komunikasi massa, jenis- jenis film, peran media massa ditengah kekuatan media, poligami dan analisis semiotika. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini berusaha melihat apa saja karakteristik dan simbol-simbol dari poligami dalam film Surga Yang Tak Di Rindukan dengan model Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya tanda dan makna poligami yang terkandung dalam beberapa adegan dalam film Surga Yang Tak Di Rindukan, yang bisa menjadi pembelajaran dan cara menyikapinya dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 17 024
NIM/NIDN Creators: 44115310007
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:36
Last Modified: 20 Aug 2022 06:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68145

Actions (login required)

View Item View Item