PEMAKNAAN HIJAB JILBOOBS DI ERA DIGITAL (STUDI PERSEPSI AKUN JILBOOBS DI INTAGRAM)

PUTRI, INTAN LAELA YOHAMAH (2017) PEMAKNAAN HIJAB JILBOOBS DI ERA DIGITAL (STUDI PERSEPSI AKUN JILBOOBS DI INTAGRAM). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fashion atau mode saat ini sudah semakin berkembang di Indonesia, begitu pula dengan perkembangan Hijab. Pemakaian hijab saat ini tampak lebih modis. Dan sosial media akhir-akhir ini digegerkan oleh fenomena jilboobs. Jilboobs adalah gabungan dari kata Jil dari kata ‘jilbab’ dan ‘Boobs’. Jilboobs merupakan panggilan atau sebutan bagi wanita yang menggunakan tutup kepala atau kerudung namun tetap memperlihatkan lekukan tubuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hijab bagi pengguna jilboobs dan motif dibalik fenomena jilboobs di sosial media Instagram. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini diambil dati buku mengenai komunikasi, komunikasi massa, media massa dan new media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan eksploratif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai makna hijab bagi pengguna jilboobs serta motif dibalik fenomena akun jilboobs di sosial media khususnya di Instagram. Dengan demikian, peneliti dapat mengetahui mengenai makna hijab itu apa dan menemukan motif yang terjadi dibalik fenomena jilboobs di instagram. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Makna hijab bagi para pengguna jilboobs ialah sebuah penutup kepala yang dalam penggunaannya memiliki aturan tersendiri berfungsi menutupi aurat bagi perempuan muslim. Tetapi karena zaman semakin modern dan mengikuti trend hijab kekinian yang membuat hijab disalah gunakan. Sehingga muncul akun jilboobs di sosial media. Yang memposting foto wanita berhijab tetapi memperlihatkan lekuk tubuhnya baik sengaja maupun tidak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 17 013
NIM/NIDN Creators: 44113310002
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Aug 2022 03:02
Last Modified: 20 Aug 2022 03:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68124

Actions (login required)

View Item View Item