REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Analisis Semiotika Charles Ssanders Pierce)

NURSAFITRI, ASTI ANNISA (2018) REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Analisis Semiotika Charles Ssanders Pierce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Representasi Feminisme dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat babak (Analisa Semiotika Charles Sanders peirce)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya dan representasi feminisme yang terdapat dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat babak. Film ini menceritakan nasib sial seorang janda bernama Marlina yang tinggal sendirian di pedalaman Sumba. Seorang laki-laki datang ke pondokan yang ditinggali Marlina untuk mengabarkan rencana perampokannya yang juga akan memperkosa Marlina. Tak ingin tinggal diam, Marlina melakukan perlawanan. dua orang dia penggal kepalanya dengan parang. Representasi feminisme dalam film ini di tunjukkan bagaimana Marlina sebagai perempuan berani melawan dengan caranya sendiri untuk melindungi dirinya serta kehormatannya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisa semiotika Charles Sanders Peirce untuk memaknai tanda-tanda yang berhubungan dengan representasi feminisme dalam film ini. Pada hasil penelitiannya, dapat dilihat bahwa dalam film ini terdapat beberapa representasi feminisme berupa keberanian perempuan untuk melawan agar tidak di jadikan sebagai objek seksualitas bagi laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 18 017
NIM/NIDN Creators: 44114310011
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:42
Last Modified: 18 Aug 2022 08:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67986

Actions (login required)

View Item View Item