PENDAMPINGAN DAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM DOLOR DONUTSS DI INSTAGRAM

CITRASARI, MERLI NUR (2022) PENDAMPINGAN DAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM DOLOR DONUTSS DI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1 PENDAHULUAN_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2 GAMBARAN UMUM_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3 TINJAUAN PUSTAKA_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4 METODE PELAKSANAAN_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5 HASIL YANG DICAPAI_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
08. BAB 6 KESIMPULAN & SARAN_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. BAB 7 DAFTAR PUSTAKA_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. BAB 8 LAMPIRAN_MERLI NUR CITRASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

During a pandemic Covid-19 has had a major impact on UMKM, which has decreased, especially for small businesses with pandemic like this, business people get convenience through existing social media. For example, UMKM Dolor Donutss has a good opportunity because it has a Unique Selling Proposition on its products but is not widely known by the public. The existence of the TAPN program aims to increase the Brand Awareness of UMKM Dolor Donutss on Instagram social media. In this report, the writer's task as Creative Content is to determine the color identity that characterizes UMKM, create a logo, create a mascot and create content needs on Instagram. This content creation is based on scheduling from Media Planner. Content marketing is a marketing strategy where we plan, distribute and create content that is able to attract the right target audience, then encourage them to become customers. And the results of content creation activities have several successes to increase awareness , namely, Giveaway content, Video Rells, Promos and Funfacts where the content gets insights . For every Video Rells that has been created, the success achieved is views for each video. Therefore, creative and innovative can help UMKM to increase Brand Awareness Dolor Donutss. Keywords: UMKM, Creative Content, Content Marketing, Brand Awareness. Pada masa pandemic Covid-19 memberikan dampak besar bagi UMKM yaitu mengalami penurunan terutama pembisnis yang masih kecil. Adanya pandemic seperti ini para pembisnis mendapatkan kemudahan melalui media sosial yang sudah ada. Seperti hal nya UMKM Dolor Donutss memiliki peluang yang bagus karena memiliki Unique Selling Proposition pada produknya namun belum banyak dikenal masyarakat luas. Adanya program TAPN bertujuan untuk meningkatkan Brand Awareness UMKM Dolor Donutss di media sosial Instagram. Pada laporan ini tugas penulis sebagai Konten Kreatif yaitu menentukan identitas warna yang menjadi ciri khas UMKM, membuat Logo, membuat Mascot dan membuat kebutuhan konten di Instagram. Pembuatan konten ini berdasarkan penjadwalan dari Media Planner. Content marketing merupakan strategi pemasaran dimana kita merencanakan, mendistribusikan dan membuat konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, lalu mendorong mereka menjadi customer. Dan hasil dari kegiatan pembuatan konten terdapat beberapa keberhasilan untuk meningkatkan awareness yaitu, pada konten Giveaway, Video Rells, Promo dan Funfact yang dimana konten tersebut mendapatkan Insight yang bagus. Pada setiap konten Video Rells yang telah dibuat juga mendapatkan keberhasilan yang di raih yaitu view cukup banyak disetiap videonya. Oleh karena itu, dengan adanya konten yang kreatif dan Inovatif dapat membantu UMKM untuk meningkatkan Brand Awareness Dolor Donutss kepada khayalak luas. Kata Kunci : UMKM, Konten Kreatif, Content Marketing, Brand Awareness.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 056
Call Number: SK/43/22/018
NIM/NIDN Creators: 44318010050
Uncontrolled Keywords: UMKM, Konten Kreatif, Content Marketing, Brand Awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.92 Influence of Social Environment/Pengaruh Lingkungan Sosial
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 745 Decorative Arts/Seni Dekorasi > 745.5 Handicrafts/Kerajinan Tangan, Keterampilan Tangan, Seni Terampil, Seni Kreatif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Amin Sujatmiko
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:33
Last Modified: 19 Oct 2022 03:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66318

Actions (login required)

View Item View Item