KLASIFIKASI JASA PENGIRIMAN JNE SERVICE MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE

RAMADHAN, MUHAMMAD AKBAR (2020) KLASIFIKASI JASA PENGIRIMAN JNE SERVICE MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Muhammad Akbar Ramadhan - 41515110117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

A company engaged in the field of freight forwarding services or better known as expedition services. The problem that often exists in these companies is when there is data that can be developed but only as data that is not used while the data should be managed as a new business strategy that can be developed for the benefit of the company. With the existing problems, the current research that the authors undertake aims to implement one of the existing algorithms in data mining, but the writer focuses more on the C4.5 algorithm which functions to be able to produce complex decisions to be simpler like a data for customers to better retain customers with large scale groups so as not to turn away or move to other expedition services. The results showed that the tree produced from software created by the decision tree method with the C4.5 algorithm has a 96.28% percentage between the truth tree to 100% that can be obtained from a prediction. the results obtained by customers in the frequency category of shipping prices with a weight of more than Rp.50,000 get a discount using some of the services used. Whereas it can be seen from the other side that can be developed as well but does not get a discount because it does not match the applicable discount criteria. Though it can be transferred using methods such as increasing interest in sending in other ways such as if you do not get a discount it can be transferred using points or rewards. A large percentage of the truth tree is strongly influenced by the training data used to build a decision tree model. Data processing conducted in this study uses the help of Rapid Minner tools to get the model, the results of the decision tree and get its accuracy value. Sebuah perusahan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang ini atau lebih dikenal seperti jasa expedisi. Pemasalah yang sering ada dalam perusahan tersebut adalah ketika ada data yang bisa dikembangkan tetapi hanya sebagai data yang tidak bergunakan sedangkan seharunya dari data itu bisa dikelolah untuk sebagai strategi bisnis yang baru yang bisa dikembangan untuk keuntungan perusahaan tersebut. Dengan masalah yang ada maka Penelitian saat ini yang penulis lakukan bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu algoritma yang ada pada data mining, namun penulis lebih memfokuskan pada algoritma C4.5 yang berfungsi untuk mampu menghasilkan keputusan kompleks menjadi lebih sederhana seperti sebuah data untuk pelanggan agar lebih mempertahakan nasabah dengan golongan skala besar agar tidak berpaling atau pindah ke layanan jasa expedisi lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon yang dihasilkan dari perangkat lunak yang dibuat dengan metode decision tree dengan algoritma C4.5 memiliki persentase 96.28% antara pohon kebenaran sampai 100% yang dapat didapatkan dari sebuah prediksi. hasil yang didapatkan nasabah bertransaksi dalam frekuensi kategori harga pengiriman berat lebih dari Rp.50.000 mendapatkan diskon menggunakan beberapa servie yang digunakan. Sedangan dibisa dilihat dari sisi lain yang bisa dikembangkan juga tetapi tidak mendapatkan diskon karena tidak sesuai keriteria diskon yang berlaku. Padahal bisa dialihkan menggunakan metode seperti meningkatkan peminat pengiriman dengan cara lain seperti jika tidak mendapatkan diskon bisa dialihkan penggunakan point atau reward.Persentase besar pohon kebenaran sangat dipengaruhi oleh data training yang digunakan untuk membangun suatu model pohon keputusan. Pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan bantuan tools Rapid Minner untuk mendapatkan model, hasil dari pohon keputusan dan mendapatkan nilai accuracy nya. Kata kunci: Pengiriman, Data Mining, Decision Tree, Algoritma C4.5

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 20 058
NIM/NIDN Creators: 41515110117
Uncontrolled Keywords: Pengiriman, Data Mining, Decision Tree, Algoritma C4.5
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.15 Instruction Services/Jasa Instruksi
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.4 Secondary Industries and Services/Industri dan Jasa Sekunder
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:30
Last Modified: 28 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66306

Actions (login required)

View Item View Item