KAJIAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PELICAN CROSSING BAGI PENYEBRANG JALAN (Studi Kasus : Jalan M. H. Thamrin, Jakarta)

DWIYANTO, ABDULAH (2019) KAJIAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PELICAN CROSSING BAGI PENYEBRANG JALAN (Studi Kasus : Jalan M. H. Thamrin, Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. kata Pengantar.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
9. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
10. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Efektifitas Penggunaan Pelican Crossing Bagi Penyebrang (Studi Kasus : Jalan M. H. Thamrin, Jakarta). Nama : Abdulah Dwiyanto, NIM : 41115310047, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan, S.T., M.Sc., 2019. Pemerintah kota DKI Jakarta dalam menyambut pergelaran Asian Games 2018 memutuskan untuk mengganti jembatan penyebrangan orang dengan pelican crossing sebagai fasilitas pejalan kaki. Pergantian sarana pejalan kaki ini akan berdampak terhadap kondisi lalu lintas di jalan M. H. Thamrin, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui fasilitas penyebrangan yang paling cocok dengan menggunakan perhitungan PV2 , dan mengetahui berapa waktu tundaan maksimum dan panjang antrian maksimum lalu lintas pengaruh pelian crossing menggunakan analisis regresi linier berganda serta mengetahui tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap penggunaan fasilitas penyebrangan pelican crossing dengan menyebarkan quisioner. Berdasarkan perhitungan PV2 didapatkan hasil PV2 = 5.03 x 109 berarti fasilitas yang tepat adalah pelican crossing dengan lapak tunggu. Model yang memiliki hubungan antara panjang antrian (Y) dengan frekuensi penyebrangan (X1) dan jumlah kendaraaan terhenti (X2) adalah Y = 0,974 – 0,349X1 + 4,993X2 dan model yang mewakili hubungan antara waktu tunggu (Y) dengan frekuensi penyebrangan (X1) dan jumlah kendaraaan terhenti (X2) adalah Y = 4,524 + 3,71X1 + 14,547X2. Panjnag antrian maksimal adalah 92,26 meter dan waktu tundaan maksimal adalah 116,5 detik. Tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap penggunaan fasilitas pelican crossing cukup tinggi berada pada rating scale puas. Kata kunci : Pelican crossing, Tundaan, Antrian ABSTRACT Title : Effectiveness Usage Analysis of Pelican Crossing for Pedestrian (Case Study : M. H. Thamrin Street Jakarta). Name : Abdulah Dwiyanto, NIM : 41115310047, Supervisor : Widodo Budi Dermawan, S.T., M.Sc., 2019. To welcoming the 2018 Asian Games, DKI Jakarta government decided to replace pedestrian bridge with pelican crossing as a pedestrian facility. The change of pedestrian facilities will make an impact of a traffic condition on M.H. Thamrin street. The research method to find out the most suitable pedestrian facilities is using the calculation of PV2 and find out maximum time of stopped delay and maximum length of queue vehicles is using multiple regression also to find out the level of Pelican Crossing usage satisfaction by sent questionnaires to pedestrian. The result of PV2 is 5.03 x 109 , means the right facility is pelican crossing with waiting stall. The model that represent relation between the length of queue (Y) with crossing frequency (X1) and amount of stopped car (X2) is Y = 0,974 – 0,349X1 + 4,993X2 and the model that represent relation between stopped delay (Y) with crossing frequency (X1) and amount of stopped car (X2) is Y = 4,524 + 3,71X1 + 14,547X2. The maximum queue length is 96,26 meters long and maximum stopped delay is 116,5 seconds. The level of Pelican Crossing usage satisfaction is high enough with satisfied in scale rating. Keywords : Pelican crossing, delay, queue

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 19 025
NIM/NIDN Creators: 41115310047
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelican crossing, Tundaan, Antrian
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:09
Last Modified: 25 Jul 2022 06:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66108

Actions (login required)

View Item View Item