SAPUTRO, RAHMAN YULI (2019) ANALISA KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK (Studi kasus : Jalan Raya Kalimalang Cibitung Kabupaten Bekasi Sta 0+200 - 7+200). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. COVER.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
12. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
Text
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode AEK (Studi kasus : Ruas Jalan Raya Kalimalang Cibitung Kabupaten Bekasi Sta 0+200 - 7+200). Nama Rahman Yuli Saputro, NIM : 41115310020, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan, ST.,M.Sc., Tahun 2019. Jalan Raya Kalimalang yang merupakan jalan kolektor yang mempunyai1 lajur 2 arah, terletak di kecamatan Gandasari - kabupaten Bekasi dan melewati beberapa kawasan industri, sehingga mayoritas dilalui oleh kendaraan bermuatan berat, dan hal tersebut mempengaruhi terhadap kondisi arus lalu lintas yang berdampak pada tingkat kecelakaan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas, dan sebagai tindakan prefentif maupun saran penanggulangannya sehingga angka kecelakaan dapat diminimalisir dan dapat berkurang. Metode yang digunakan dalam analisa ini adalah AEK (Angka Ekuivalen Kecelakaan) dan BAK (Batas Kontrol Atas). Berdasarkan hasil survey dan analisa, diperoleh pada tahun 2016 sampai Februari 2019, Jalan Raya Kalimalang rawan kecelakaan. Serta diketahui lokasi rawan kecelakaan (blackspot) terletak pada segmen pertama yaitu dengan total 26 jumlah kecelakaan. Faktor pengemudi menjadi faktor paling dominan sebesar 75,39%. Faktor jalan dan lingkungan sebesar 16,43%. Kemudian faktor kendaraan menjadi faktor terendah sebesar 4,91%. Minimnya spanduk keselamatan, fasilitas penyebrangan jalan, dan jalan yang gelap menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan. Kata kunci : Angka Ekuivalen Kecelakaan, Black Spot, Faktor ABSTRACT Title : Analysis of Traffic Accident Characteristics Using AEK Method (Case study: Kalimalang Cibitung Road Section Bekasi Regency Sta 0 + 200 - 7 + 200). Name : Rahman Yuli Saputro, NIM : 41115310020, Mentor: Widodo Budi Dermawan, ST.,M.Sc. Year of 2019. Kalimalang Highway, which is a collector road that has 1 2-lane lane, is located in the Gandasari sub-district of Bekasi Regency and passes through several industrial zones, so that the majority is passed by heavily loaded vehicles, and this affects the traffic flow conditions that have an impact on the level of accidents that occur . The purpose of this study is to determine the characteristics of traffic accidents, and as a preventive measure and recommendations for mitigation so that the number of accidents can be minimized and can be reduced. The methods used in this analysis are AEK (Accident Equivalent Number) and BAK (Upper Control Limit). Based on the results of the survey and analysis, obtained in 2016 to February 2019, Kalimalang highway is prone to accidents. And the accident-prone location (blackspot) is located in the first segment, with a total of 26 number of accidents. The driver factor became the most dominant factor at 75.39%. Road and environmental factors are 16.43%. Then the vehicle factor becomes the lowest factor of 4.91%. The lack of safety banners, crossing facilities, and dark roads are the cause of the high number of accidents. Keywords: Accident Equivalent Numbers, Black Spot, Factors
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 19 023 |
NIM/NIDN Creators: | 41115310020 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Angka Ekuivalen Kecelakaan, Black Spot, Faktor |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:57 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66103 |
Actions (login required)
View Item |