ANALISA KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK (Studi kasus : Jalan Raya Kalimalang Cibitung Kabupaten Bekasi Sta 0+200 - 7+200)

SAPUTRO, RAHMAN YULI (2019) ANALISA KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK (Studi kasus : Jalan Raya Kalimalang Cibitung Kabupaten Bekasi Sta 0+200 - 7+200). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
12. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode AEK (Studi kasus : Ruas Jalan Raya Kalimalang Cibitung Kabupaten Bekasi Sta 0+200 - 7+200). Nama Rahman Yuli Saputro, NIM : 41115310020, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan, ST.,M.Sc., Tahun 2019. Jalan Raya Kalimalang yang merupakan jalan kolektor yang mempunyai1 lajur 2 arah, terletak di kecamatan Gandasari - kabupaten Bekasi dan melewati beberapa kawasan industri, sehingga mayoritas dilalui oleh kendaraan bermuatan berat, dan hal tersebut mempengaruhi terhadap kondisi arus lalu lintas yang berdampak pada tingkat kecelakaan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas, dan sebagai tindakan prefentif maupun saran penanggulangannya sehingga angka kecelakaan dapat diminimalisir dan dapat berkurang. Metode yang digunakan dalam analisa ini adalah AEK (Angka Ekuivalen Kecelakaan) dan BAK (Batas Kontrol Atas). Berdasarkan hasil survey dan analisa, diperoleh pada tahun 2016 sampai Februari 2019, Jalan Raya Kalimalang rawan kecelakaan. Serta diketahui lokasi rawan kecelakaan (blackspot) terletak pada segmen pertama yaitu dengan total 26 jumlah kecelakaan. Faktor pengemudi menjadi faktor paling dominan sebesar 75,39%. Faktor jalan dan lingkungan sebesar 16,43%. Kemudian faktor kendaraan menjadi faktor terendah sebesar 4,91%. Minimnya spanduk keselamatan, fasilitas penyebrangan jalan, dan jalan yang gelap menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan. Kata kunci : Angka Ekuivalen Kecelakaan, Black Spot, Faktor ABSTRACT Title : Analysis of Traffic Accident Characteristics Using AEK Method (Case study: Kalimalang Cibitung Road Section Bekasi Regency Sta 0 + 200 - 7 + 200). Name : Rahman Yuli Saputro, NIM : 41115310020, Mentor: Widodo Budi Dermawan, ST.,M.Sc. Year of 2019. Kalimalang Highway, which is a collector road that has 1 2-lane lane, is located in the Gandasari sub-district of Bekasi Regency and passes through several industrial zones, so that the majority is passed by heavily loaded vehicles, and this affects the traffic flow conditions that have an impact on the level of accidents that occur . The purpose of this study is to determine the characteristics of traffic accidents, and as a preventive measure and recommendations for mitigation so that the number of accidents can be minimized and can be reduced. The methods used in this analysis are AEK (Accident Equivalent Number) and BAK (Upper Control Limit). Based on the results of the survey and analysis, obtained in 2016 to February 2019, Kalimalang highway is prone to accidents. And the accident-prone location (blackspot) is located in the first segment, with a total of 26 number of accidents. The driver factor became the most dominant factor at 75.39%. Road and environmental factors are 16.43%. Then the vehicle factor becomes the lowest factor of 4.91%. The lack of safety banners, crossing facilities, and dark roads are the cause of the high number of accidents. Keywords: Accident Equivalent Numbers, Black Spot, Factors

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 19 023
NIM/NIDN Creators: 41115310020
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Angka Ekuivalen Kecelakaan, Black Spot, Faktor
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:57
Last Modified: 25 Jul 2022 05:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66103

Actions (login required)

View Item View Item