EFEKTIFITAS KOMUNIKASI DIVISI CORPORATE COMMUNICATIONS DALAM MENGELOLA CORPORATE IDENTITY IBM INDONESIA MENURUT KARYAWAN di GEDUNG LANDMARK JAKARTA

FITRIANI, NURUL (2009) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI DIVISI CORPORATE COMMUNICATIONS DALAM MENGELOLA CORPORATE IDENTITY IBM INDONESIA MENURUT KARYAWAN di GEDUNG LANDMARK JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text (Lembar Persetujuan)
Lembar Persetujuan.pdf

Download (62kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Perusahaan yang memiliki khalayak cukup banyak dan berkapabilitas tinggi seperti IBM, memerlukan divisi khusus yang menangani pengelolaan identitas korporasinya. Divisi yang umumnya menangani pengelolaannya ke eksternal adalah Corporate Communications. Salah satu yang melatarbelakangi perlunya pengelolaan identitas korporat adalah semakin tingginya tingkat persaingan dalam dunia perdagangan teknologi di dunia, termasuk di Indonesia. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, komunikasi sangatlah dibutuhkan terutama dalam mengkomunikasikan identitas perusahaan (logo, merek, dan lain-lain) dan menjalin hubungan dengan publiknya. Dalam dunia PR, lazim menyebutnya dengan ‘identitas korporat’ (corporate identity) atau ‘pemerekan’ (branding). Salah satu tugas strategi merek adalah menentukan penempatan tingkatan merek di antara dua kutub yaitu permerekan korporat dan permerekan produk, yang dilandasai kepentingan strategi perusahaan. Dorongan membangun merek korporat berkaitan dengan berbagai masalah perusahaan. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni bagaimanakah efektivitas komunikasi divisi Komunikasi Korporat dalam mengelola identitas korporat di masyarakat. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauhmana efektivitas corporate communications dalam mengelola corporate identity IBM Indonesia. Kerangka teori dari penelitian ini terdiri dari komunikasi, dan komunikasi organisasi. Kemudian mengenai Public Relations, PR Internal, Corporate Identity, Corporate Communication. Selain itu juga konsep mengenai efektivitas komunikasi dengan menggunakan model hierarkhi efek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey, sifat penelitiannya kuantitatif dan tipe penelitian deskriptif. Analisa data menggunakan codeing sheet, lalu dengan rumus Likert Summating Rating. Hasil dari penelitian bahwa divisi corporate communications dalam mengelola corporate identity IBM di Indonesia sudah cukup efektif. Namun sebagai saran, perlu ditambahkan kegiatan sosial/CSR bukan hanya melalui publikasi di media massa dan jurnal eksternal sebagai alat penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: CDS-442-09-001
NIM/NIDN Creators: 44206110026
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:30
Last Modified: 27 Jul 2022 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65659

Actions (login required)

View Item View Item