SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN DI KABUPATEN BANYUASIN , SUMATERA SELATAN (Analisis Sosialisasi Komunikasi Pemasaran Philip Kotler)

HAKIM, ABI ROSYAD (2015) SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN DI KABUPATEN BANYUASIN , SUMATERA SELATAN (Analisis Sosialisasi Komunikasi Pemasaran Philip Kotler). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
Pernyataan.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab I Pendahululuan-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab II TINJAUAN PUSTAKA-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III METODE PENELITIAN-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V KESIMPULAN DAN SARAN-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

This tesis focus to socialization BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Programme year 2014 in Kabupaten Banyuasin, South Sumatera. The problems in BPJS Kesehatan Programme is a socialization to people in Kabupaten Banyuasin, South Sumatera. This research use the research methods qualitative research with people participation actif. The research entering data about the population with the participation active people in Kabupaten banyuasin. Reasearches using the theory of marketing communication from Philip Kotler. With this theory of marketimg communication, reasearches concluded that Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin has socialized properly. BPJS Kesehatan which replaces the role of Askes and Jamkesda in Kabupaten Banyuasin already implemented socialization with maximum. Promotion through the mass media, flyers, banner and spanduk are models socialization by Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin, South Sumatera. Focus Group Discusion (FGD) and door to door socialization is another socialization programme. BPJS is a programme created to change sociali security programs that already exist. With monthly dues system and cross subsidies are expected BPJS Kesehatan could run well and gives provide health insurance. Geographical location in the kabupaten Banyuasin and also Indonesia with its archipelago territory obstacle to socialize BPJS Kesehatan. Key words : Socialization, Mass Media, Marketing Communications Tesis ini memfokuskan pada sosialisasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS bidang Kesehatan, periode 2014, di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Inti pokok masalah bagaimana Program BPJS Kesehatan disosialisasikan kepada masyarakat di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan selama periode 2014. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan partisipasi aktif masyarakat di Kabupaten Banyuasin, peneliti juga memasukkan data-data mengenai penduduk serta kepuasan layanan kesehatan dari Pemerintah daerah Kabupaten Banyuasin. Peneliti menganalisis menggunakan teori komunikasi pemasaran dari Philip Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi Program BPJS Kesehatan di Kabupaten Banyuasin sudah dilaksanakan dengan maksimal dan dengan menggunakan segala macam bentuk sosialisasi seperti melalui media massa, melalui bentuk promosi spanduk, banner, pamplet, dan juga melalui Focus Group Discusion (FGD) serta door to door. BPJS adalah program yang dibuat untuk menyempurnakan program- program jaminan sosial yang sudah ada. Di bidang kesehatan, masih banyak masyarakat yang kurang dan tidak mendapatkan jaminan kesehatan dengan baik untuk itulah BPJS Kesehatan dihadirkan sehingga tidak ada lagi masyarakat yang terlantar atau diterlantarkan karena tidak memiliki biaya untuk berobat. Sosialisasi menjadi kata penting sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran BPJS dan bisa menikmati layanan jaminan sosial bidang kesehatan. Letak geografis di Kabupaten Banyuasin dan juga di Indonesia secara umum dengan wilayah kepulauannya menjadi kendala utama, namun tentunya dengan kerjasama yang baik para stakeholder maka program ini bisa hadir dan dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Banyuasin secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umum. Kata kunci : Sosialisasi, Media Massa , Komunikasi Pemasaran,

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-057
NIM/NIDN Creators: 55209120070
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Media Massa , Komunikasi Pemasaran, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:21
Last Modified: 23 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63137

Actions (login required)

View Item View Item