STRATEGI KOMUNIKASI PRODUSER DALAM PRODUKSI PROGRAM REALITY SHOW “HAFIZ INDONESIA” PERIODE RAMADHAN 1440 H / 2019 UNTUK MEMPERTAHANKAN RATING

ATIKA, ZELEN DWI (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PRODUSER DALAM PRODUKSI PROGRAM REALITY SHOW “HAFIZ INDONESIA” PERIODE RAMADHAN 1440 H / 2019 UNTUK MEMPERTAHANKAN RATING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Inggris.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Surat Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahaan.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Kata Penghantar.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Bagan.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
12. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
13. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
14. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
15. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
16. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Broadcasting Zelen Dwi Atika 44116210019 “Strategi Komunikasi Produser Dalam Produksi Program Reality Show “Hafiz Indonesia” Periode Ramadhan 1440 H/2019 Untuk Mempertahankan Rating” Bibliografi: 5 Bab 78 Hal + Lampiran + 23 Buku + 3 Internet ABSTRAK Strategi komunikasi merupakan paduan antara perencanaan komunikasi (Communication Planning) dengan manajemen komunikasi (Communication Management). Seorang produser sebagai komando program acara, bertugas mengawasi dan menyalurkan sebuah proyek program kepada seluruh pihak yang terlibat. Program Reality Show “Hafiz Indonesia” adalah program talent search penghafal Al-Quran khusus anak-anak yang ditayangkan pada bulan Ramadhan. Kesuksesan program tersebut membuat program ini dapat bertahan sampai 7 season. Keberhasilan sebuah program tidak terlepas dari bagaimana strategi yang dimiliki seorang produser mengkomunikasikan setiap pesan, masukan, perintah pada tim dalam memproduksi sebuah program untuk mempertahankan rating. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan peneliti metode kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam bersama Produser Hafiz Indonesia, Asisten Produser Hafiz Indonesia, dan Kreatif Hafiz Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketaui strategi komunikasi yang digunakan produser dalam produksi program dimulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga paska produksi. Pada tahap pra produksi strategi komunikasi yang diterapkan produser adalah menjadi pendengar yang baik sebagai wujud menghargai ide atau gagasan orang lain. Pada tahap produksi strategi komunikasi yang diterapkan adalah How We Work Together atau bagaimana bekerjasama dengan tim. Pada tahap paska produksi strategi komunikasi yang diterapkan adalah melakukan evaluasi bersama tim untuk mengukur keberhasilan program dan memperbaiki kegiatan selanjutnya. Kata kunci : Strategi, Komunikasi, Produser, Program Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Broadcasting Zelen Dwi Atika 44116210019 “Producer Communication Strategy in the Production Process of the “Hafiz Indonesia” Reality Show Program 1440 H / 2019 Ramadhan Period To Maintain Rating” Bibliografi: 5 Bab 78 pages + Attachment + 23 Books + 3 Internet Articles ABSTRACT Communication strategy is a combination of communication planning with communication management. A producer as the command of the program, tasked with overseeing and channeling a project program to all parties involved. The "Hafiz Indonesia" Reality Show program is a talent search program for memorizing the Koran specifically for children that airs during the month of Ramadan. The success of this program makes this program can last up to 7 seasons. The success of a program can not be separated from how the strategy owned by a producer communicates every message, input, order to the team in producing a program to maintain rating. This research uses the constructivist paradigm. The method used by researchers is the descriptive qualitative method. Data collection techniques by conducting in-depth interviews with Hafiz Indonesia Producers, Hafiz Indonesia Assistant Producers, and Hafiz Indonesia Creative. Based on the results of this study can be known communication strategies used by producers in the production program starting from pre-production, production, to post-production. In the pre-production stage, the communication strategy adopted by the producer is to be a good listener as a form of appreciating the ideas or ideas of others. At the production stage, the communication strategy adopted is How We Work Together or how to work with the team. At the postproduction stage, the communication strategy adopted is to evaluate with the team to measure the success of the program and improve further activities. Keywords: Strategy, Communication, Producer, Production, Program.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 20 007
NIM/NIDN Creators: 44116210019
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi, Komunikasi, Produser, Program
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 27 May 2022 07:04
Last Modified: 27 May 2022 07:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61973

Actions (login required)

View Item View Item