PENGARUH KOMPETENSI, BENEVOLENSI, DAN ORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DOKTER KANDUNGAN TERHADAP KEPERCAYAAN PASIEN

BUTAR, SANTUN BUTAR- (2006) PENGARUH KOMPETENSI, BENEVOLENSI, DAN ORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DOKTER KANDUNGAN TERHADAP KEPERCAYAAN PASIEN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
Sampul.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (GAMBARAN UMUM)
Gambaran Umum.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.wbk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.wbk.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.wbk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Implikasi dari pergeseran konsep pemasaran dari pemasaran transional ke relasional telah meningkatkan minat untuk mengetahui peranan kepercayaan dalam membantu mengembangkan hubungan yang erat antara penyedia jasa dan pelanggan. Kepercayaan pelanggan dianggap sebagai sebuah alat pemasaran relasional yang paling ampuh bagi perusahaan atau penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk kepercayaan pada dokter kandungan menurut persepsi pasien dengan mengambil tiga variabel terikat sebagai antecedent, yaitu Kompetensi, Benevolensi, dan Orientasi Pemecahan Masalah. Objek penelitian adalah penyedia jasa layanan kesehatan yang ada di Kecamatan Kembangan dan Kebon Jeruk. Populasinya adalah para wanita hamil yang aktip dalam berkonsultasi dengan dokter kandungan. Penulis mengambil 200 responden sebagai sampel penelitian. Analisa data meliputi analisa deskriptif, regresi, korelasi, determinasi serta pengujian hipotesa yang menggunakan uji-t dan uji-F. Dari hasil analisa menunjukkan bahwa kompetensi dokter tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kepercayaan pada dokter kandungan. Sedangkan Benevolensi dan Orientasi Pemecahan Masalah Dokter secara signifikan mempengaruhi kepercayaan pasien pada dokter. Kontribusi dari ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan kepercayaan pasien dapat ditunjukkan dengan koefisien determinasinya sebesar 0,145 yang artinya 14,5 % keragaman kepercayaan pasien dapat dijelaskan dari kompetensi, benevolensi, dan orientasi pemecahan masalah. Sedangkan 85,5 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang terbentuk dari hubungan antara kompetensi, benevolensi, orientasi pemecahan masalah dengan kepercayaan pasien adalah : Ỳ = 2,601 +0,028 X1 + 0,213 X2 + 0,234 X3 . Koefisien regresi yang dihasilkan pada persamaan tersebut menunjukkan nilai relative importance terhadap masing-masing variabel dalam menjelaskan kepercayaan pasien. Orientasi Pemecahan Masalah (X3)mempunyai bobot paling tinggi dibandingkan dengan dua variabel lain. Bobot paling rendah ditunjukkan oleh variabel kompetensi (X1) karena nilai koefisiennya lebih kecil dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Penelitian ini memberikan pandangan bagi dokter kandungan dalam upayanya meningkatkan kepercayaan pasien perlu untuk memperhatikan dua hal, yaitu melakukan kesungguhan dalam menangani pasien dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah pasien. Dalam mengupayakan kedua hal tersebut, dokter kandungan perlu memberikan bobot paling besar pada upaya peningkatan kemampuan memecahkan masalah pasien.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-105
NIM/NIDN Creators: 1310311029
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 25 May 2022 03:38
Last Modified: 21 Jul 2022 02:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61790

Actions (login required)

View Item View Item