ANALISIS PERBEDAAN ALASAN DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN ANTARA NASABAH BANK PANIN TERHADAP NASABAH BANK CENTRAL ASIA, BANK MANDIRI DAN UOB BUANA DI WILAYAH DEPOK

HARYANSYAH, YUDI (2008) ANALISIS PERBEDAAN ALASAN DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN ANTARA NASABAH BANK PANIN TERHADAP NASABAH BANK CENTRAL ASIA, BANK MANDIRI DAN UOB BUANA DI WILAYAH DEPOK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
1 Cover Luar Karya Akhir.doc.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2 ABSTRAK.doc.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
3 Lembar Pengesahan.doc.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
4 Pernyataan Keaslian (ORIGINALITAS).doc.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5 Kata Pengantar Akhir.doc.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6 Daftar Isi.doc.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
7 Daftar Tabel.doc.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
8 Daftar Gambar.doc.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
9 Daftar Lampiran.doc.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
10 Bab I.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (Bab 2)
11 Bab II.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (Bab 3)
12 Bab III.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (Bab 4)
13 Bab IV.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (Bab 5)
14 Bab V.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15 Daftar Pustaka.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Persaingan antar bank di Indonesia dewasa ini semakin kompetitif. Peningkatan persaingan antar bank tersebut erat kaitannya dengan deregulasi perbankan di Indonesia, khususnya dengan dikeluarkannya UU Nomor 10 Tahun 1998. Tahun 2008 merupakan tahun yang sangat istimewa bagi industri perbankan. Pada tanggal 27 Januari 2008, Bank Indonesia bersama industri perbankan mencanangkan gerakan edukasi kepada masyarakat dengan tema “Ayo Ke Bank”. Dalam menghadapi persaingan, khususnya dalam pemasaran produk tabungan, bank harus mempunyai suatu strateji pemasaran yang efektif. Strateji pemasaran yang terdiri dari unsur – unsur pemasaran yang terpadu dari 7 P dalam dunia marketing, yaitu : Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence strateji pemasaran ini selalu berkembang dan sejalan dengan gerak perusahaan serta perubahan-perubahan lingkungan pemasarannya, yang tentu saja membawa perubahan perilaku konsumen (nasabah). Jadi penyusunan strateji pemasaran menyangkut proses interaksi antara kekuatan pemasaran di dalam perusahaan dan keadaan di luar perusahaan. Dalam pengembangan strateji, pemasaran produk tabungan, bank perlu mengidentifikasi gambaran lingkungan strateji perusahaan dan kegiatannya ditinjau dari aspek internal maupun eksternal perusahaan. Strateji Perusahaan dapat diteliti secara Deskriptif dan Analisis Diskriminan Profil nasabah yang terdiri dari umur, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, pengeluaran, bank utama, bank kedua, jangka waktu menjadi nasabah, dan rata-rata saldo tabungan perbulan merupakan salah satu aspek yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi maupun sebagai tolak ukur pola persepsi nasabah, terhadap kinerja bank dan jumlah nasabah produk tabungan. Variabel yang mempengaruhi pilihan nasabah Bank Panin, Mandiri, BCA dan UOB Buana dalam hal alasan untuk pemilihan produk tabungan dari urutan terbesar sampai dengan yang terkecil adalah : Antrian, ATM, Profesional, Bunga, dan Jaminan Keamanan. Dari 5 (lima) variabel yang menjadi pilihan utama nasabah dalam hal alasan memilih produk tabungan pada suatu bank, variabel antrian merupakan variabel yang paling membedakan (discriminate the most), dalam artian variabel yang paling menentukan alasan menjadi nasabah Bank Panin, Bank Mandiri, BCA dan UOB Buana. Variabel selanjutnya adalah ATM, Profesional, Bunga, dan Jaminan Keamanan. Orang menabung pada Bank Mandiri dan UOB Buana ditentukan oleh variabel antrian, sedangkan nasabah menabung di BCA ditentukan oleh variabel profesional dan ATM, sedangkan orang yang menabung di Bank Panin ditentukan oleh variabel jaminan keamanan dan bunga.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-041
NIM/NIDN Creators: 55105110051
Uncontrolled Keywords: MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 23 May 2022 07:30
Last Modified: 15 Jul 2022 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61579

Actions (login required)

View Item View Item