PENGARUH SALES PROMOTION CASHBACK POINT DI TOKOPEDIA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (Survei pada Millenial Angkatan 2016-2018 Universitas Mercu Buana)

SARI, MELLYA (2020) PENGARUH SALES PROMOTION CASHBACK POINT DI TOKOPEDIA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (Survei pada Millenial Angkatan 2016-2018 Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Era industri pemasaran saat ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun. Pemasaran saat ini dibagi menjadi dua jenis yaitu konvensional dan digital. Salah satu contoh pemasaran digital berbasis online adalah Tokopedia. Tokopedia menggunakan sales promotion berjenis cashback point yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk serta menarik calon konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sales promotion cashback point di Tokopedia terhadap perilaku impulse buying. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah sales promotion yang menjelaskan alat-alat yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pembelian suatu produk. Penelitian ini juga menggunakan teori impulse buying yang menjelaskan tentang perilaku pembelian yang tidak terencana yakni hasil dari rangsangan stimulus untuk berbelanja secara spontan yang mana setelah melakukan pembelian, konsumen merasakan reaksi yang kognitif dan emosional. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei pada pada millenial angkatan 2016 - 2018 Universitas Mercu Buana yang pernah belanja di Tokopedia menggunakan promo cashback. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sales promotion cashback point di Tokopedia terhadap perilaku impulse buying terdapat faktor yang paling tinggi yaitu adanya promo cashback pada e-commerce yang didominasi jawaban sangat setuju sebesar 59%. Sedangkan faktor yang paling rendah adalah tentang rangsangan (impulse) yang didominasi jawaban sangat tidak setuju sebesar 25%. Kata kunci: Sales promotion, cashback, Tokopedia, impulse buying.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 058
Call Number: SK/43/21/009
NIM/NIDN Creators: 44316010056
Uncontrolled Keywords: Sales promotion, cashback, Tokopedia, impulse buying.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 017 General Subject Catalog/Katalog Subjek Umum > 017.8 Alphabetic Subject Sales Catalogs/Katalog Subjek Penjualan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 May 2022 06:21
Last Modified: 17 Jun 2023 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61260

Actions (login required)

View Item View Item