SARI, MELLYA (2020) PENGARUH SALES PROMOTION CASHBACK POINT DI TOKOPEDIA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (Survei pada Millenial Angkatan 2016-2018 Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Era industri pemasaran saat ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun. Pemasaran saat ini dibagi menjadi dua jenis yaitu konvensional dan digital. Salah satu contoh pemasaran digital berbasis online adalah Tokopedia. Tokopedia menggunakan sales promotion berjenis cashback point yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk serta menarik calon konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sales promotion cashback point di Tokopedia terhadap perilaku impulse buying. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah sales promotion yang menjelaskan alat-alat yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pembelian suatu produk. Penelitian ini juga menggunakan teori impulse buying yang menjelaskan tentang perilaku pembelian yang tidak terencana yakni hasil dari rangsangan stimulus untuk berbelanja secara spontan yang mana setelah melakukan pembelian, konsumen merasakan reaksi yang kognitif dan emosional. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei pada pada millenial angkatan 2016 - 2018 Universitas Mercu Buana yang pernah belanja di Tokopedia menggunakan promo cashback. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sales promotion cashback point di Tokopedia terhadap perilaku impulse buying terdapat faktor yang paling tinggi yaitu adanya promo cashback pada e-commerce yang didominasi jawaban sangat setuju sebesar 59%. Sedangkan faktor yang paling rendah adalah tentang rangsangan (impulse) yang didominasi jawaban sangat tidak setuju sebesar 25%. Kata kunci: Sales promotion, cashback, Tokopedia, impulse buying.
Actions (login required)
View Item |