PRASTIKA, RETMA (2020) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PERJALANAN (Studi pada konsumen tiket.com di Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. Daftar Lampiran.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
Abstract
The progress of using the internet makes companies competing to develop their business through the internet. Especially in the field of e-commerce. The internet is a technology that is widely used to market its products, including online ticket sales agents. Various conveniences arising from businesses that run online do not automatically cause buyers to buy products online including purchasing airplane tickets, hotels, events & attractions online. The internet is the most important tool in online business including the Online Travel Agent business. For example Tiket.com company, Tiket.com sells airline tickets, hotels, events and car rental online. Theories in influencing factors explain some of the factors therein; cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors. These factors are to find out the factors that influence and are dominant in making decision to purchase travel tickets on Tiket.com. This type of research used in this study is descriptive in a quantitative approach. The method used is a survey research on ticket.com consumers in Jakarta. Where researchers collect data premiere that is distributing questionnaires to respondents as many as 100 using purposive sampling techniques. Based on the results of the study show that cultural factors influence the decision to purchase tickets as much as 58% agree that it is a personal need that includes basic values, social factors as much as 66% disagree with the outdated influence on ticket purchase decision making, then personal factors as much as 71 % agreed that job needs influenced ticket purchasing decisions, while psychological factors as much as 54% agreed with the services provided, 67% strongly agreed with data confidentiality and 66% agreed that there was never an error when making payments. Keywords: e-commerce, travelling, consumer behavior Kemajuan penggunaan internet membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnisnya melalui internet. Terutama dibidang e�commerce. Internet merupakan teknologi yang banyak digunakan untuk memasarkan produknya, termasuk perusahaan agen penjualan tiket online. Berbagai kemudahaan yang ditimbulkan akibat bisnis yang dijalankan secara online tidak secara otomatis mengakibatkan pembeli membeli produk secara online termasuk pembelian tiket pesawat, hotel, event & atrakti secara online. Internet merupakan alat yang paling utama dalam bisnis online termasuk bisnis Online Travel Agent. Contohnya perusahaan tiket.com, tiket.com menjual tiket pesawat, hotel, event sampai sewa mobil secara online. Teori dalam faktor-faktor yang mempengaruhi menjelaskan beberapa faktor didalamnya; faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Faktor – faktor tersebut untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh dan dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian tiket perjalanan pada tiket.com. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survey pada konsumen tiket.com di Jakarta. Dimana peneliti mengumpulkan data secara premier yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian tiket sebanyak 58% setuju bahwa itu merupakan kebutuhan pribadi yang mencakup nilai dasar, faktor sosial sebanyak 66% tidak setuju dengan ketinggalan jaman berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian tiket, lalu faktor pribadi sebanyak 71% setuju bahwa kebutuhan pekerjaan mempengaruhi keputusan pembelian tiket, sedangkan faktor psikologis sebanyak 54% setuju dengan pelayanan yang diberikan, 67% sangat setuju dengan kerahasiaan data dan 66% setuju bahwa tidak pernah terjadi error saat melakukan pembayaran. Kata Kunci: e-commerce, travelling, perilaku konsumen
Actions (login required)
View Item |