PENERAPAN WORD OF MOUTH MARKETING PT. TRANSPORTASI JAKARTA MELALUI SOSIAL MEDIA TWITTER (Studi kasus pada PT. Transportasi Jakarta)

UBAYDILLAH, FADIL (2020) PENERAPAN WORD OF MOUTH MARKETING PT. TRANSPORTASI JAKARTA MELALUI SOSIAL MEDIA TWITTER (Studi kasus pada PT. Transportasi Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan word of mouth marketing PT. Transportasi Jakarta melalui media social twitter. Kondisi Jakarta yang menjadi kota ke-7 di dunia yang mempunyai tingkat keramaian dijalan atau kemacetan membuat pemerintah meluncurkan mode transportasi massal yaitu Transjakarta. Dengan berharap bisa mengurangi dampak kemacetan dijalan Transjakarta terus melakukan kegiatan pemasaran salah satunya Word of Mouth. Oleh sebab itu, Transjakarta membuat dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran terbaik sehingga bisa membuat masyarakat beralih ke mode transportasi massal ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kegiatan komunikasi pemasaran word of mouth marketing yang dilakukan oleh PT. Transportasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data primer dan sekunder yaitu berupa hasil observasi dan wawancara dengan informan internal dan eksternal serta penelitian kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif menurut model Miles dan Huberman yang terdiri dari koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan word of mouth yang dilakukan oleh PT. Transportasi Jakarta cukup sesuai dengan elemen word of mouth Sernovitz yang terdiri dari talker, topics, tools, taking parts, dan tracking. Penerapan word of mouth marketing dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Efek yang ditimbulkan dari word mouth marketing, sesuai dengan konsep AIDA dan proses keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: Elemen Word of Mouth Sernovitz, Komunikasi Pemasaran, AIDA, Proses Keputusan Pembelian Konsumen, Media, Transjakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 010
Call Number: SK/43/21/042
NIM/NIDN Creators: 44315110060
Uncontrolled Keywords: Elemen Word of Mouth Sernovitz, Komunikasi Pemasaran, AIDA, Proses Keputusan Pembelian Konsumen, Media, Transjakarta.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 May 2022 03:03
Last Modified: 08 Feb 2023 08:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61153

Actions (login required)

View Item View Item