UBAYDILLAH, FADIL (2020) PENERAPAN WORD OF MOUTH MARKETING PT. TRANSPORTASI JAKARTA MELALUI SOSIAL MEDIA TWITTER (Studi kasus pada PT. Transportasi Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan word of mouth marketing PT. Transportasi Jakarta melalui media social twitter. Kondisi Jakarta yang menjadi kota ke-7 di dunia yang mempunyai tingkat keramaian dijalan atau kemacetan membuat pemerintah meluncurkan mode transportasi massal yaitu Transjakarta. Dengan berharap bisa mengurangi dampak kemacetan dijalan Transjakarta terus melakukan kegiatan pemasaran salah satunya Word of Mouth. Oleh sebab itu, Transjakarta membuat dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran terbaik sehingga bisa membuat masyarakat beralih ke mode transportasi massal ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kegiatan komunikasi pemasaran word of mouth marketing yang dilakukan oleh PT. Transportasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data primer dan sekunder yaitu berupa hasil observasi dan wawancara dengan informan internal dan eksternal serta penelitian kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif menurut model Miles dan Huberman yang terdiri dari koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan word of mouth yang dilakukan oleh PT. Transportasi Jakarta cukup sesuai dengan elemen word of mouth Sernovitz yang terdiri dari talker, topics, tools, taking parts, dan tracking. Penerapan word of mouth marketing dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Efek yang ditimbulkan dari word mouth marketing, sesuai dengan konsep AIDA dan proses keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: Elemen Word of Mouth Sernovitz, Komunikasi Pemasaran, AIDA, Proses Keputusan Pembelian Konsumen, Media, Transjakarta.
Actions (login required)
View Item |