LESTARI, ASTRY (2020) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI LOGISTIK PADA GERAI IAP DENGAN METODE VSM DI PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
9. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
10. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text
11. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text
12. BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
13. BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
14. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agribisnis, yang mencoba terjun menjadi perusahaan retail pada tahun 2016 dengan produk Teh Kahuripan yaitu teh celup yang diolah dari pabrik dan kebun sendiri didaerah Bandung, Jawa Barat. Dengan wilayah pemasaran di Jawa Barat dan Jawa Timur, pada penelitiaan ini area yang difokuskan yaitu pada area Jabodetabek. Permasalahan yang dihadapai perusahaan adalah keterlambatan pada proses pemesanan transport yang mengakibat keterlambatan pada pengiriman produk Teh Kahuripan ke customer. Data keterlambatan yang digunakan yaitu data dari bulan Oktober sampai Desember 2019. Permasalahan terjadi karena masih banyaknya aktivitas yang tidak bernilai tambah yang tergolong dalam pemborosan (waste). Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis perbaikan pada proses pemesanan transport yang terjadi pada departement business development dan procurement di PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, dengan pendekatan lean manufacturing dengan metode value stream mapping (VSM) untuk menganalisa waste yang dominan pada proses pemesanan transport. Berdasarkan hasil analisis didapatkan 3 perbaikan yaitu proses approval, proses penawaran harga dan proses pemilihan vendor. Hasil evaluasi perbaikan diperoleh penurun lead time sebesar 560 menit dan peningkatan nilai Process Cycle Efficiency sebesar 46 %. Maka perbaikan ini akan meningkatkan nilai efektifitas dalam proses pemesanan transport. Dengan begitu PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk dapat meningkatkan customer value dengan waktu pelayanan yang cepat dan kualitas yang baik. Kata Kunci : Transportasi, Value Stream Mapping, Lead Time, Efficiency ABSTRACT PT. PP London Sumatra Indonesia is a company that runs in agribusiness, which tries to plunge retail into company in 2016 with Kahuripan tea products, which is tea bag that processed the delivery from own garden and factory in Bandung, West Java. With marketing area in Wes5t Java and East Java, in this research, focused area is the Jabodetabek area. The problem with the company is the delay in the transport processes that tardiness the late delivery of the Kahuripan tea products to the costumer.The data used for the delay from October to December 2019. Problems result from the amount of worthless activity reported in the waste. The aim from this research is to do analyze improvements in the transportation plans made with the directorate of the business development and the procurement of the plant, London Sumatra Indonesia Company, with the lean manufacturing approach of the Value Stream Mapping (VSM), to survey the majority of the waste in transport processes. Based on analysis, three improvements were made on the marketplace, the price offering process and the vendor selection process. The result of the evaluation of improvements obtained decreased lead time by 560 minutes and increased the value of Process Cycle Efficiency 46%. Then the improvements will increase the value of effectiveness in transportation order process. London Sumatra Indonesia Company can increase customer value with fast service time and good quality Keywords: Transportation, Value Stream Mapping, Lead Time, Efficiency
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND 20 053 |
NIM/NIDN Creators: | 41616310022 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Transportasi, Value Stream Mapping, Lead Time, Efficiency |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 10 May 2022 04:38 |
Last Modified: | 10 May 2022 04:38 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60911 |
Actions (login required)
View Item |