STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN OLAHRAGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT SCHOOL FROM HOME (Studi Kasus SMP Negeri 253 Jakarta Selatan)

RACHMAN, ARIF (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN OLAHRAGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT SCHOOL FROM HOME (Studi Kasus SMP Negeri 253 Jakarta Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Form Pernyataan Keabsahan)
[Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir] Arif Rachman_44219120025 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover - ARIF RACHMAN.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak - ARIF RACHMAN.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
02 Bab 1 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (Bab 2)
03 Bab 2 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (Bab 3)
04 Bab 3 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (Bab 4)
05 Bab 4 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (Bab 5)
06 Bab 5 - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (Lampiran)
09 Lampiran - ARIF RACHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ada dua tipikal mata pelajaran di sekolah. Pertama, mata pelajaran teori, dan kedua mata pelajaran praktik. Hal tersebut tentu saja memengaruhi treatment berbeda jika diterapkan dalam pembelajaran daring. Di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan manakala pandemi melanda dan mengharuskan sekolah dari rumah tetap dituntut untuk berpraktik. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti memilih khusus mata pelajaran pendidikan olahraga dalam penelitian ini. Dunia pendidikan erat kaitannya dengan komunikasi instruksional maka teori yang peneliti bahas di sini adalah komunikasi instruksional beserta tahapannya termasuk bagaimana cara memotivasi belajar pendidikan olahraga secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan SMPN 253 Jakarta Selatan pada mata pelajaran pendidikan olahraga dalam praktiknya menjalankan tahapan komunikasi pra-instruksional, instruksional, penilaian/tindak lanjut dengan masing-masing tahapan menyesuaikan terhadap situasi pembelajaran dari rumah (daring). Komunikasi instruksional, bukan berarti adalah sebuah kediktatoran atau mengandalkan kalimat perintah saja, namun ada kata-kata dan cara-cara persuasif yang dipraktikkan. Keyword: Strategi Komunikasi Pembelajaran, Komunikasi Instruksional, Media Pembelajaran Daring. Based on Circular Letter No. 4 of 2020 on the implementation of education policies in the emergency period of the spread of Covid-19. The learning process is carried out at home through online / distance learning which aims to break the chain of spread of Covid-19. There are two typical subjects in school. First, the theoretical subjects, and both the practice subjects. This of course affects different treatments if applied in online learning. In SMP Negeri 253 South Jakarta when the pandemic hit and require schools from home are still required to practice. This is the reason researchers chose special sports education subjects in this study. The world of education is closely related to instructional communication so the theory that researchers discuss here is instructional communication and its stages including how to motivate learning sports education online. This research uses a qualitative approach with qualitative descriptive research methods with data collection techniques through in-depth interviews. The results showed SMPN 253 South Jakarta in sports education subjects in practice running pre-instructional, instructional, assessment / follow-up communication stages with each stage adjusting to the learning situation from home (online). Instructional communication does not mean a dictatorship or relying on the words of command alone, but there are persuasive words and ways practiced. Keywords: Learning Communication Strategies, Instructional Communication, Online Learning Media.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219120025
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pembelajaran, Komunikasi Instruksional, Media Pembelajaran Daring.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:45
Last Modified: 20 Apr 2022 07:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60267

Actions (login required)

View Item View Item