POLA KOMUNIKASI MELALUI BLOG (Studi Fenomenologis Terhadap Blogger di Jakarta)

WULANJARI, BERNADET MUMPUNI (2009) POLA KOMUNIKASI MELALUI BLOG (Studi Fenomenologis Terhadap Blogger di Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01-cover luar.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract)
03-abstract Inggris.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
04-abstrak Indonesia.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
05-pengesahan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
06-pernyataan.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
07-kata pengantar.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
08-daftar isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
09-daftar gambar.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
10-bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (Bab 2)
11-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Bab 3)
12-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (Bab 4)
13-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 5)
14-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15-daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (Lampiran)
16-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

The purpose of this research is to answer questions about why bloggers do blogging activities. However, to see how bloggers choose a particular theme and topic in their blog as well become the purpose of this research. Last but not least, is to understand how blogs became a media to communicate their selves. Meanwhile, the main problem in this research is how the bloggers communicate their self through their blog. For that purpose, this study uses the approach of phenomenology and symbolic interactionism theory to answer these questions. In addition, the research was done through qualitative methods and data being collected through in-depth interviews. Self-concept, introduced by George Herbert Mead shows that a blogger is trying to show their self-existence through the blog they have had. However, from the phenomenological approach, this research also found several motives and purposes of a blogger for doing blogging activities. It was also successfully found four of the typical blogger; Motivator Blogger, Blogger Idealists, Blogger Narcissist and Blogger Who Likes Writing. This research also describes a communication process on how the bloggers communicate their self. In the communication process, it is explained that a blogger is Communicators, writing in the blog is a Message, blog is a media and blog readers is a communicant. Hopefully with this research, there are more people that will understand about the world of blogs and its communication process. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan mengenai mengapa para blogger melakukan kegiatan blogging. Juga untuk mengetahui bagaimana blogger memilih sebuah tema tertentu di dalam blog nya. Serta untuk memahami bagaimana blog menjadi sebuah media untuk mengkomunikasikan diri mereka. Sementara itu, masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana blogger mengkomunikasikan dirinya melalui sebuah blog. Untuk itu maka penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi serta teori interaksionisme simbolik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Selain itu, metode penelitian yang dipilih adalah kualitatif dan data diperoleh melalui in-depth interview. Konsep diri yang diperkenalkan oleh George Herbert Mead menunjukkan bahwa seorang blogger berusaha menunjukkan eksistensi diri yang dia miliki melalui blog yang dimilikinya. Sedangkan dilihat dari pendekatan fenomenologi, ditemukan adanya motif dan tujuan seorang blogger untuk melakukan kegiatan blogging serta empat tipikal blogger yaitu Blogger Motivator, Blogger Idealis, Blogger Narsis serta Blogger Suka Menulis Penelitian ini juga memaparkan proses komunikasi seorang blogger untuk mengkomunikasikan diri mereka. Dalam proses komunikasi tersebut dijelaskan bahwa seorang blogger merupakan Komunikator, tulisan dalam blog merupakan Pesan, blog merupakan Media serta pembaca blog merupakan Komunikan. Diharapkan dengan penelitian ini, orang semakin memahami lebih dalam mengenai dunia blog dan pola komunikasi yang ada di dalamnya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-09-007
NIM/NIDN Creators: 55206110006
Uncontrolled Keywords: Blog, Internet, Fenomenologi, Konsep Diri, CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:05
Last Modified: 21 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60171

Actions (login required)

View Item View Item