PERANCANGAN BUKU AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERMAINAN ANAK DALAM BUDAYA BETAWI

NUGRAHA, GUGUM RAYI (2019) PERANCANGAN BUKU AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERMAINAN ANAK DALAM BUDAYA BETAWI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

The interest of children to recognize local cultures is really low. Maybe there is so ma many books which discussed about various introduction of local culture. Nevertheless, their interest in reading books are low when the book itself only articles and explanation without any attractive visual illustration on it. On the learning itself, the system which given only one way system, that is teachers who become the only one resourches of learning process. By take the advantage of improvement of technology will increase the interest of children to recognize a local cultures. One of this technology, which in demand is Augmented Reality. Augmented Reality is a technology which showing a virtual object to the real environment. By using story book concept using Augmented Reality, children are able to see animaton object which on the book obviously so that the children will not easily get bored and attractively interesting. Moreover, by using interesting fun, and fitted illustration The aim of this design is to serve the interaction media for children as the form of illustration children’s bookwhich pleasure and entertain, so that the children can easily get the information given. So, the method that used to design, is designing concept of children’s book which collaborate with Augmented Reality technology about introducing betawi games. By this design, hopefully the children are more interest, understand, and recognize the traditional games. With the result that, the children will not missing the value of culture itself, and will continue to their grand children. Kata Kunci: Augmented Reality, Story Book, Betawi Culture, Children Minat anak-anak dalam mengenal budaya-budaya dalam daerah sangatlah kurang sekali. Mungkin ada banyak diluar sana buku-buku yang membahas tentang berbagai macam kategori pengenalan budaya daerah. Namun sayangnya minat baca mereka menjadi kurang ketika buku yang mereka baca hanya berisikan tulisan dan penjelasan tanpa visual yang menarik. Dalam pembelajaran pun sistem yang diberikan hanyalah bersifat satu arah saja yakni guru menjadi satu titik fokus sumber kegiatan pembelajaran. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju akan menambah minat anak dalam mengenal suatu budaya daerah. Salah satu teknologi yang sedang diminati yaitu Augmented Reality. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang menampilkan objek virtual ke lingkungan nyata. Dengan konsep buku cerita anak dengan menggunakan teknologi Augmented Reality anak-anak mampu melihat objek animasi yang ada didalam buku secara nyata sehingga anak tidak mudah bosen dan menambah kesan menarik serta interaktif. Ditambah lagi menggunakan gaya ilustrasi yang menarik, menyenangkan, dan pas untuk anak-anak. Maksud dari perancangan ini adalah menyajikan media interaksi berupa buku ilustrasi anak yang menyenangkan dan menghibur, sehingga mereka akan lebih mudah dalam menerima informasi yang diberikan. Untuk itu metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu merancang konsep buku cerita anak yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality mengenai pengenalan permainan betawi. Perancangan ini diharapkan agar anak-anak lebih menyukai, memahami, dan mengenal lebih dalam permainan-permainan terdahulu sehingga mereka tidak melupakan nilai-nilai budayanya. Dan kelak akan di teruskan kepada anak cucu mereka. Kata Kunci: Augmented Reality, buku cerita, Budaya betawi, Anak-anak

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 19 064
NIM/NIDN Creators: 42315010008
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, buku cerita, Budaya betawi, Anak-anak
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.8 Recreation Buildings/Arsitektur Gedung Rekreasi > 725.84 Buildings for Indoor Games/Permainan Luar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 790.1-790.9 Standard Subdivisions of Recreational and Performing Arts/Subdivisi Standar dari Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 790.1 Recreational Activities, Games/Aktivitas Rekreasi, Permainan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.4 Games of Action/Permainan dengan Gerakan
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:58
Last Modified: 13 Apr 2022 01:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59795

Actions (login required)

View Item View Item