ANALISA KINERJA JALAN DAN SIMPANG TIDAK BERSINYAL (Studi Kasus Simpang tiga Kodau – Jati Kramat Kota Bekasi)

HERBIYANTO, MOCHAMAD FIRMAN (2021) ANALISA KINERJA JALAN DAN SIMPANG TIDAK BERSINYAL (Studi Kasus Simpang tiga Kodau – Jati Kramat Kota Bekasi). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Table.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafatar Gambar.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafatar Lampiran.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

ABSTRAK Simpang tiga pada jalan perjuangan merupakan salah satu jalan utama di kota bekasi sebagai penghubung antara permukiman penduduk untuk mengakses ketempat perkantoran, pendidikan, pelayanan masyarakat. Pada Simpang tiga Kodau – Jati Kramat ini merupakan Simpang tiga tidak bersinyal, sehingga sering terjadi konflik yang mengakibatkan tundaan pada Simpang dikarenakan banyaknya kendaraan yang melintas pada jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemacetan yang dialami oleh simpang Kodau – Jati Kramat dan dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya, serta mengidentifikasi kemacetannya, kapasitas, tingkat pelayanan jalan, dan tundaan pada simpang, Metode yang digunakan yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Berdasarkan hasil analisa yang dapat diambil adalah kapasitas pada simpang tiga Kodau – Jati Kramat merupakan salah satu titi kemacetan di kota bekasi, kemacetan terjadi pada jam- jam sibuk. Volume kendaraan terbesar berada pada waktu pagi hari selasa, 8 Mei 2018, diketahui bahwa nilai derajat kejenuhan (DS)=1,56 dengan tingkat pelayanan F, menujukan bahwa kondisi simpang tidak stabil. Dari tiga alternatif yang dibuat dipilih alternatif tiga dengan memjadikan area simpang sebagai area terbatas dengan rambu-rambu lalu lintas dilarang berhenti, membuat pelarangan untuk belok kanan dari jalan utama D menuju minor C dan juga membuat pelarangan jalan utama B untuk lurus langsung menuju utama D dan diharuskan berbelok kiri terlebih dahulu ke jalan minor C. Untuk nilai ruas jalan mendapatkan nilai derajat kejenuhan (DS)=0,69 dengan tingkat pelayanan C menujukan kondisi ruas jalan baik. Kata Kunci : Simpang, Ruas Jalan, Tundaan, Kapasitas. ABSTRACT The intersection of three on the road of struggle is one of the main roads in the city of bekasi as a liaison between the settlements to access the office, education, community service. At Simpang Tiga Kodau - Jati Kramat this is a three unconverted intersection, so there are often conflicts that result in delays at Simpang due to the number of vehicles passing on the road. The purpose of this research is to know the level of congestion experienced by Kodau - Jati Kramat intersection and can provide the right solution to overcome it, and to identify the congestion, capacity, level of road service, and delay at intersection, The method used is Manual of Capacity of Road Indonesia 1997. Based on the results of analysis that can be taken is the capacity at the intersection of three Kodau - Jati Kramat is one of titi congestion in the city of bekasi, congestion occurs during rush hour. The largest vehicle volume is on the morning of May 8, 2018, it is known that the value of degree of saturation (DS) = 1.56 with service level F, indicates that the intersection condition is unstable. From three alternatives, three alternatives were chosen by making the intersection area a restricted area with traffic signs prohibited from stopping, making a ban to turn right from main road D to minor C and also making the B main road prohibition straight straight to the main D and required to turn left first to the road minor C. For the value of road segment get the value of degree of saturation (DS) = 0.69 with service level C shows the condition of the road is good. Keywords : Intersection, Road Segmen, Procrastination, Capacity.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 17 006
NIM: 41114210011
Uncontrolled Keywords: Simpang, Ruas Jalan, Tundaan, Kapasitas.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 07 Jan 2021 08:32
Last Modified: 08 Jan 2021 04:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58936

Actions (login required)

View Item View Item