HASANAH, SAFIRA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LOKERJAKARTA.ID TERHADAP MINAT KERJA PARA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan Originalitas.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
8. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB 2)
9. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (BAB 3)
10. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (BAB 4)
11. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text (BAB 5)
12. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
Abstract
Instagram followers show a significant influence on followers' interests. Judging from the many social media users who use Instagram as a tool to provide prior information regarding job vacancy information. LokerJakarta.id is an online site that presents Job Information. Not only in Jakarta but also in Lokerjakarta.id presents Job Vacancy Information in Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, and the latest BUMN vacancies. The purpose of this research is to study the majority of Instagram @Lokerjakarta.id's use of social media on the work interests of followers. Use and Effect Theory is a theory that explains the relationship between mass communication delivered through mass media, which has an effect on users of the mass media. This type of research used in this research is explanative with quantitative findings. The method used was survey research on followers of @Lokerjakarta.id gathering 371,000 followers. Researchers collected data with the main question of asking 400 respondents with purposive sampling. The results showed a comparison of the use of social media Instagram @ Lokerjakarta.id to the working interest of followers as much as 60.5%, while the remaining 39.5% was prepared by other factors that were not present in this study. Between the use of Instagram @Lokerjakarta.id, social media and the working interest of followers has a strong level of strength and positive direction, this is seen from the value of the relationship coefficient (R) obtained at 0.778. It is estimated that the use of Instagram account @Lokerjakarta.id social media on the working interest of followers, this is proven by the T-count of 24,676 which is greater than the T-table (24,676> 1,962) and the significance of 0,000 <0.05. Keywords: @Lokerjakarta.id, Work Interest, Followers, Instagram Saat ini keberadaan Instagram menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan terhadap minat kerja para followers. Dilihat dari sekian banyaknya pengguna media sosial yang menggunakan instagram sebagai alat untuk memberikan informasi terlebih mengenai informasi lowongan pekerjaan. LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja. Tidak hanya di Jakarta, tetapi Lokerjakarta.id juga menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Lokerjakarta.id terhadap minat kerja para followers. Teori Uses and Effects merupakan sebuah teori yang menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa, yang menimbulkan sebuah effects bagi pengguna dari media massa tersebut. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survey pada followers @Lokerjakarta.id sejumlah 371.000 followers. Peneliti mengumpulkan data secara premier yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 400 dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan besarnya pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Lokerjakarta.id terhadap minat kerja para followers sebesar 60,5%, sedangkan sisanya 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Antara penggunaan media sosial Instagram @Lokerjakarta dan minat kerja para followers memiliki korelasi tingkat yang kuat dan arah yang positif, hal ini dilihat dari nilai koefisien relasi (R) didapat sebesar 0,778. Terdapat pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Lokerjakarta.id terhadap minat kerja para followers, hal ini terbukti T-hitung sebesar 24,676 yang lebih besar dari T-tabel (24,676 >1,962) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: @Lokerjakarta.id, Minat Kerja, Followers, Instagram
Actions (login required)
View Item |