ANALISIS INTERAKSI KOMUNIKASI PARA PEMAIN GAME ONLINE PUBG (STUDI DESKRIPTIF PADA KOMUNITAS SPACE TROOPERS)

KUSUMA, NOVIA IKA (2021) ANALISIS INTERAKSI KOMUNIKASI PARA PEMAIN GAME ONLINE PUBG (STUDI DESKRIPTIF PADA KOMUNITAS SPACE TROOPERS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)

Abstract

An online game or is a game played on a network (either LAN or Internet). PUBG or PlayerUnknown's BattleGrounds is an FPS (First Person Shooter) and online multiplayer war game or game. The purpose of this research is to test the communication process conducted by the Space Troopers community while playing PUBG online games. The theories used in this study are communication theory and communication barrier theory. Where communication theory is the view and strategy that will form a tool and framework for something to be implemented in the communication process. While the theory of communication barriers is any form of interference that occurs in the process of conveying and receiving a message from an individual to another individual caused by certain factors. This research is qualitative descriptive research that uses post-positivism paradigm with case study method. Where qualitative research describes to describe and describe existing phenomena, both natural and human engineering, which pays more attention to characteristics, quality, interrelationship between activities. The data used was obtained from interviews, observations and also theories aimed at answering research questions. The results of this study show that the importance of communication interaction process in pubg online game game. Because with the communication process, the game can run well according to the strategy that has been prepared before. Keyword : Online Game, PUBG, Interaction Process, Communication Game online atau adalah sebuah permainan yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN atau Internet). PUBG atau PlayerUnknown's BattleGrounds merupakan permainan atau game perang beraliran FPS (First Person Shooter) dan online multiplayer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji proses komunikasi yang dilakukan oleh komunitas Space Troopers pada saat bermain game online PUBG. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori hambatan komunikasi. Dimana teori komunikasi adalah pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk sesuatu perkara yang hendak dilaksanakan dalam proses komunikasi. Sedangkan teori hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi di dalam proses penyampaian dan penerimaan suatu pesan dari individu kepada individu yang lain yang disebabkan oleh faktor tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan paradigma Post-Positivisme dengan metode studi kasus. Dimana penelitian kualitatif menggambarkan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang lebih memperhatikan mengenai karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan. Data yang digunakan diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan juga teori yang bertujuanuntuk menjawab pertanyaan penelitian iang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya proses interaksi komunikasi pada permainan game online PUBG. Karena dengan adanya proses komunikasi maka permainan dapat berjalan dengan baik sesuai strategi yang sudah disusun sebelumnya. Keyword : Game Online, PUBG, Proses Interaksi, Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010001
Uncontrolled Keywords: Game Online, PUBG, Proses Interaksi, Komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:13
Last Modified: 22 Mar 2022 04:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58539

Actions (login required)

View Item View Item