WIDODO, WIDODO (2020) ISU SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTARGOLONGAN DALAM POLITIK IDENTITAS PADA MEDIA SOSIAL MENJELANG PILKADA 2020 DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
01. COVER.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
02. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text (BAB 2)
03. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
||
Text (BAB 3)
04. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB 4)
05. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
06. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas adanya isu SARA dan politik identitas pada media sosial menjelang pilkada di Indonesia, peneliti ingin mengetahui bagaimana isu SARA dan politik identitas beredar pada grup Whatsapp sehingga merubah sikap entitas yang diakibatkan pesan pada media sosial menjadi konflik nyata. Teori yang digunakan adalah komunikasi kelompok dan elaboration likelihood model (ELM), dengan strategi netnografi untuk melihat bagaimana peredaran pesan terjadi di jejaring media sosial grup Whatsapp UKM, Forum Pengusaha Muslim dan Indonesia Raya mulai dari mem-posting pesan hingga dapat merubah sikap entitas menjelang pilkada 2020 di Indonesia Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif dan strategi netnografi. Teknik pengumpulan data menggunakaan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan wawancara mendalam terhadap narasumber. Data sekunder didapatkan dari literatur buku, jurnal dan hasil pengamatan berupa screen capture Whatsapp. Hasil penelitian menunjukan dalam grup chatting Whatsapp yang diikuti oleh peneliti menjadi bagian dari entitas terdapat pesan isu SARA yang diproduksi, disebar dalam grup Whatsapp, isu SARA dan politik identitas berdampak konflik antar anggota grup, seperti keluar dari anggota grup (left grup). Perubahan sikap nyata terjadi akibat pesan diproduksi, disebar dalam grup Whatsapp seperti adanya ujaran kebencian, kalimat provokatif, ajakan mobilisasi massa, berawal dari pesan SARA pada grup Whatsapp menjadi perubahan sikap berdampak nyata pada masyarakat luas menjelang pilkada di Indonesia. Kata kunci – Isu SARA, Whatsapp, Pilkada.
Actions (login required)
View Item |