HASIAN, CHRISTMESYA THERESA (2020) IMPLEMENTASI NATION BRANDING PESONA INDONESIA DALAM MENARIK MINAT TRAVELING ANGGOTA KOMUNITAS BACKPACKER JAKARTA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (94kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Traveling activities today are individual needs that are part of the lifestyle. Traveling has become a necessity that is used to rest and relax for a moment from daily activities. This is indicated by an increase in global tourism travel which is supported by several things, such as the increasing of long holiday, greater community savings, smaller family size, good level of public health, ease of obtaining tourist destination information, and people’s education level are higher. This new phenomenon was then used by various countries to increase the country's foreign exchange and income through the tourism sector. One of them is Indonesia which began launching the nation branding "Wonderful Indonesia" in 2011, then "Pesona Indonesia" in 2015. The Indonesia Ministry of Tourism has a method called BAS, consist of Branding, Advertising, and Selling to introduce "Wonderful Indonesia" or "Pesona Indonesia". This study aims to describe the implementation of the nation branding Pesona Indonesia in attracting Backpacker Jakarta’s community members to do traveling to Indonesia instead of travel overseas. This research is descriptive qualitative to find out how the implementation of nation branding Pesona Indonesia in attracting members of a travel community, Backpacker Jakarta to travel in the country. So that with these branding activities the community, especially members of the Backpacker Jakarta community, have very high interest in Indonesia’s tourism. Based on the results of the research that has been done, the researcher draws the conclusion that there are 6 stages that are considered, namely the participation decision, tourism decision budget, frequency and length of stay decision, the tourist destination decision, the final destination, the mode of transportation choice. Based on these considerations, members of the Backpacker Jakarta community continue to prioritize Indonesia as the main tourist destination they want to explore because of the charm of its natural and cultural beauty. Key Words : Nation Branding, Pesona Indonesia, Tourism, Backpacker Jakarta, Traveling Community Traveling atau kegiatan berwisata saat ini merupakan kebutuhan individu yang menjadi bagian dari gaya hidup. Berwisata merupakan kebutuhan yang digunakan untuk beristirahat dari kegiatan serta kesibukan sehari-hari. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan perjalanan pariwisata global yang ditopang oleh beberapa hal yaitu hari libur yang semakin panjang, tabungan masyarakat yang semakin besar, ukuran keluarga yang semakin kecil, tingkat kesehatan masyarakat yang baik, adanya kemudahan memperoleh informasi destinasi wisata, serta tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi. Fenomena baru ini kemudian dimanfaatkan oleh berbagai negara di dunia untuk meningkatkan devisa dan pendapatan negaranya melalui sektor pariwisata. Salah satunya adalah Indonesia yang mulai meluncurkan nation branding “Wonderful Indonesia” di tahun 2011, kemudian “Pesona Indonesia” di tahun 2015. Kementerian Pariwisata memiliki sebuah metode yang disebut dengan BAS, yaitu Branding, Advertising, dan Selling untuk memperkenalkan “Wonderful Indonesia” atau “Pesona Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat traveling anggota komunitas Backpacker Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat anggota sebuah komunitas traveling yaitu Backpacker Jakarta untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri. Sehingga dengan adanya kegiatan branding tersebut masyarakat khususnya anggota komunitas Backpacker Jakarta memiliki minat yang amat tinggi terhadap pariwisata nusantara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peniliti menarik kesimpulan bahwa ada 6 tahapan yang menjadi pertimbangan, yaitu participation decision, tourism budget decision, frequency and length of stay decision, kind of tourist destination decision, final destination, mode of transportation choice. Berdasarkan pertimbangan ini, anggota komunitas Backpacker Jakarta tetap memprioritaskan Indonesia sebagai destinasi wisata utama yang ingin mereka jelajahi oleh karena pesona keindahan alam serta budayanya. Kata Kunci : Nation Branding, Pesona Indonesia, Pariwisata, Backpacker Jakarta, Komunitas Traveling
Actions (login required)
![]() |
View Item |