PENGARUH KAMPANYE HITAM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA POLITIK PASLON 01 PADA PEMILIH PEMULA DI PILPRES 2019 (Survei terhadap mahasiswa Broadcasting angkatan 2018 Universitas MercuBuana)

HASANAH, NUR (2019) PENGARUH KAMPANYE HITAM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA POLITIK PASLON 01 PADA PEMILIH PEMULA DI PILPRES 2019 (Survei terhadap mahasiswa Broadcasting angkatan 2018 Universitas MercuBuana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
01. halaman judul.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04. abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. lembar pernyataan.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02. Lembar pengesahan.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. kata pengantar.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR ISI)
06. daftar isi.PDF

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. daftar tabel.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. daftar gambar.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. daftar lampiran.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
10. bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB 2)
11. bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB 3)
12. bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB 4)
13. bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB 5)
14. bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

The 2019 presidential election was an arena of political feud between Prabowo and Jokowi in the race for the presidency, and was increasingly interesting with the various campaigns they carried out. The Black Campaign (Black Campaign) is a campaign to bring down political opponents through unfounded issues. The method used is usually hearsay from mouth to mouth and now it has utilized technological sophistication, multimedia and mass media. This research uses theory of using and effectively constituting a synthesis of previous theories. The basic assumptions of this theory about the use of media yielded more than individuals with this theory, the researchers examined the black campaign on social media on the political image of candidate pair 01 in the budding voters in the 2019 presidential election. This research uses quantitative research with descriptive type. The method used is to use a survey method with a questionnaire as the main instrument to get information from some respondents. The results of this study indicate that 0.078 is much greater than the value of the significance level of 0.05 (significance level α = 5%) which means that Ho is accepted and Ha is rejected, or it can be denied related in social media to the political image of candidate pair 01 on Novice voters in the 2019 presidential election, with a consideration rate of 0.313 which indicates the level of relationship in this study is relatively weak, positive and unidirectional. Keywords: Black campaign, Beginner Voters, Social Media Pilpres 2019 adalah arena perseteruan politik antara Prabowo dan Jokowi dalam perebutan kursi presiden, dan semakin menarik dengan beragam kampanye-kampanye yang mereka lakukan. Kampanye Hitam (Black Campaign) adalah kampanye untuk menjatuhkan lawan politik melalui isu-isu yang tidak berdasar. Metode yang digunakan biasanya desas-desus dari mulut ke mulut dan sekarang ini telah memanfaatkan kecanggihan teknologi, multimedia dan media massa. Penelitian ini menggunakan Teori uses and efect merupakan sintesis dari teori sebelumnya. Asumsi dasar dari teori ini lebih menekankan bagaimana penggunaan media menghasilkan banyak efek terhadap suatu individu sejalan dengan teori ini, peneliti meneliti Pengaruh kampanye hitam di media sosial terhadap citra politik paslon 01 pada pemilih pemula di pilpres 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskritif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan kuisioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0,078 yakni jauh lebih besar dari nilai taraf signifikasi sebesar 0,05 (taraf signifikasi α = 5%) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, atau dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kampanye hitam di media sosial terhadap citra politik paslon 01 pada pemilih pemula di pilpres 2019, dengan angka korelasi sebesar 0,313 yang menunjukan bahwa tingkat hubungan (korelasi) pada penelitian ini tergolong korelasi lemah, positif dan searah. Kata kunci : Kampanye hitam,Pemilih Pemula,Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 19 251
NIM/NIDN Creators: 44116010048
Uncontrolled Keywords: Kampanye hitam,Pemilih Pemula,Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:34
Last Modified: 10 Mar 2023 08:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58202

Actions (login required)

View Item View Item