HASANAH, NUR (2019) PENGARUH KAMPANYE HITAM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA POLITIK PASLON 01 PADA PEMILIH PEMULA DI PILPRES 2019 (Survei terhadap mahasiswa Broadcasting angkatan 2018 Universitas MercuBuana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
01. halaman judul.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04. abstrak.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. lembar pernyataan.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02. Lembar pengesahan.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. kata pengantar.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR ISI)
06. daftar isi.PDF Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. daftar tabel.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. daftar gambar.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. daftar lampiran.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10. bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (BAB 2)
11. bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text (BAB 3)
12. bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text (BAB 4)
13. bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text (BAB 5)
14. bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
Abstract
The 2019 presidential election was an arena of political feud between Prabowo and Jokowi in the race for the presidency, and was increasingly interesting with the various campaigns they carried out. The Black Campaign (Black Campaign) is a campaign to bring down political opponents through unfounded issues. The method used is usually hearsay from mouth to mouth and now it has utilized technological sophistication, multimedia and mass media. This research uses theory of using and effectively constituting a synthesis of previous theories. The basic assumptions of this theory about the use of media yielded more than individuals with this theory, the researchers examined the black campaign on social media on the political image of candidate pair 01 in the budding voters in the 2019 presidential election. This research uses quantitative research with descriptive type. The method used is to use a survey method with a questionnaire as the main instrument to get information from some respondents. The results of this study indicate that 0.078 is much greater than the value of the significance level of 0.05 (significance level α = 5%) which means that Ho is accepted and Ha is rejected, or it can be denied related in social media to the political image of candidate pair 01 on Novice voters in the 2019 presidential election, with a consideration rate of 0.313 which indicates the level of relationship in this study is relatively weak, positive and unidirectional. Keywords: Black campaign, Beginner Voters, Social Media Pilpres 2019 adalah arena perseteruan politik antara Prabowo dan Jokowi dalam perebutan kursi presiden, dan semakin menarik dengan beragam kampanye-kampanye yang mereka lakukan. Kampanye Hitam (Black Campaign) adalah kampanye untuk menjatuhkan lawan politik melalui isu-isu yang tidak berdasar. Metode yang digunakan biasanya desas-desus dari mulut ke mulut dan sekarang ini telah memanfaatkan kecanggihan teknologi, multimedia dan media massa. Penelitian ini menggunakan Teori uses and efect merupakan sintesis dari teori sebelumnya. Asumsi dasar dari teori ini lebih menekankan bagaimana penggunaan media menghasilkan banyak efek terhadap suatu individu sejalan dengan teori ini, peneliti meneliti Pengaruh kampanye hitam di media sosial terhadap citra politik paslon 01 pada pemilih pemula di pilpres 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskritif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan kuisioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0,078 yakni jauh lebih besar dari nilai taraf signifikasi sebesar 0,05 (taraf signifikasi α = 5%) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, atau dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kampanye hitam di media sosial terhadap citra politik paslon 01 pada pemilih pemula di pilpres 2019, dengan angka korelasi sebesar 0,313 yang menunjukan bahwa tingkat hubungan (korelasi) pada penelitian ini tergolong korelasi lemah, positif dan searah. Kata kunci : Kampanye hitam,Pemilih Pemula,Media Sosial
Actions (login required)
View Item |