ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN DENGAN METODE MKJI 1997 DI SIMPANG KELAPA DUA (JALAN AKSES UI) KOTA DEPOK

BONAVENTURA, JANSEN CAESAR (2018) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN DENGAN METODE MKJI 1997 DI SIMPANG KELAPA DUA (JALAN AKSES UI) KOTA DEPOK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Dan Ruas Jalan Dengan Metode MKJI 1997 di Simpang Kelapa Dua (Jalan Akses UI) Kota Depok, Nama : Jansen Caesar Bonaventura, NIM : 41117310064, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan ST, M.Sc, 2018. Mengingat Kota Depok merupakan kota yang terletak di sebelah selatan Kota DKI Jakarta, maka secara tidak langsung Kota Depok berfungsi sebagai kota penyangga kehidupan dan kegiatan ekonomi dari Kota Jakarta atau yang biasa disebut daerah suburban. Oleh karena itu, banyak pula orang yang memilih untuk tinggal di daerah suburban ini. Salah satunya adalah simpang Jalan Akses UI atau simpang Kelapa Dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang Kelapa Dua dan ruas jalan Akses UI saat ini. Data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja simpang bersinyal dan ruas jalan adalah data primer yaitu berupa data kondisi arus lalu lintas, geometrik jalan, dan kondisi lingkungan. Serta data sekunder berupa peta lokasi dan jumlah penduduk. Dan menggunakan prosedur analisis ruas jalan perkotaan dan simpang bersinyal yang mengacu pada (MKJI 1997). Dari hasil survey dilapangan dan hasil perhitungan analisis data yang telah dilakukan, maka di dapat hasil kinerja ruas jalan Akses UI arah Barat didapat volume puncak pada hari selasa periode sore dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,706 termasuk pada tingkat pelayanan C. Sedangkan untuk arah Timur, volume lalu lintas puncak pada hari selasa periode sore dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,703 termasuk pada tingkat pelayanan C. Hasil analisis data eksisting, didapatkan Level Of Service (LOS) F yang berarti nilai tundaan yang tinggi, menunjukan waktu siklus yang panjang dan rasio kendaraan yang tinggi ditunjukan dari panjangannya waktu siklus yaitu 170 detik dengan 3 fase lalu lintas dengan nilai derajat kejenuhan (DS) terbesar mencapai 1,14 yang sudah melebihi angka yang diisyaratkan oleh MKJI 1997 yaitu kurang dari 0,85. Terdapat tiga alternatif pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian yaitu alternatif pemecahan masalah dengan mengurangi hambatan samping, kombinasi antara pengurangan hambatan samping serta perubahan waktu siklus lampu lalu lintas, dan perubahan fase. Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari tundaan simpang. Dari ketiga alternatif tersebut ternyata bisa merubah level of service menjadi cukup baik dari sebelumnya. Kata kunci : Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan MKJI 1997 ABSTRACT Title: Analysis of Performance Signalized Intersections and Roads with MKJI 1997 Methods at Kelapa Dua Intersection (UI Access Road) Depok City, Name: Jansen Caesar Bonaventura, NIM: 41117310064, Lecturer: Widodo Budi Dermawan ST, M.Sc, 2018. Considering that Depok City is a city located in the southern part of the City of DKI Jakarta, Depok City indirectly functions as a buffer city of life and economic activities of the City of Jakarta or commonly called sub-urban areas. Therefore, many people choose to live in this suburban area. One of them is the UI Access Road intersection or Kelapa Dua intersection. This study aims to determine the performance of Kelapa Dua intersection and the current UI Access Road. The data needed in the process of analyzing the performance of signal intersections and roads is primary data, in the form of data on traffic flow conditions, road geometrics, and environmental conditions. As well as secondary data in the form of maps of location and population. And using the procedure for analyzing urban roads and signalized intersections referred to (MKJI 1997). From the survey results in the field and the results of data analysis calculations that have been done, the results of the performance of the UI Access Road in the West can be obtained at peak volume on Tuesday afternoon with a degree of saturation (DS) of 0,706, including at service level C. East, peak traffic volume on Tuesday afternoon with a degree of saturation of 0,703 including the service level C. The results of the existing data analysis, obtained Level Of Service (LOS) F, which means a high delay value, indicating a long cycle time and ratio a high vehicle is shown from the length of the cycle time which is 170 seconds with 3 phases of traffic with the highest degree of saturation (DS) reaching 1,14 which has exceeded the number indicated by MKJI 1997, which is less than 0,85. There are three alternative problem solving used in the research, namely alternative problem solving by reducing side barriers, a combination of reducing side barriers and changes in traffic light cycle times, and phase changes. Indicator in assessing intersection performance seen from the intersection delay. Of the three alternatives it turns out that it can change the level of service to be quite good than before. Keywords: Signalized Intersection, Roads, Degree of Saturation, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 18 086
NIM/NIDN Creators: 41117310064
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan MKJI 1997
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:05
Last Modified: 09 Mar 2022 07:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57613

Actions (login required)

View Item View Item