STRATEGI BRANDING TVRI DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI DALAM MENGEMBANGKAN REPUTASI SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK

RAMADHANTY, LISA (2019) STRATEGI BRANDING TVRI DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI DALAM MENGEMBANGKAN REPUTASI SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
01] HALAMAN JUDUL.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03] ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04] LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG _ PENGESAHAN PERBIAKAN SKRIPSI.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA.PENGANTAR.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
07] DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08] BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB II)
09] BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB III)
10] BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV)
11] BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
12] BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13] DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah TV publik yang berdiri sejak tahun 1962 saat penyambutan ASEAN Games pertama di Jakarta. Sempat memonopoli stasiun pertelevisian di Indonesia sampai era tahun 80’an, kini TVRI bersaing di era industri 4.0 dengan menghadirkan platform Over The Top (OTT) seperti program live streaming di TVRI Klik. Hingga saat ini, TVRI masih memperbaiki reputasi dari stigma masyarakat sebagai TV ‘kolot’ menjadi ‘Media Pemersatu Bangsa’. Berbagai upaya dilakukan seperti melakukan rebranding logo dan pembaharuan corporate culture dengan harapan dapat meraih kembali suara publik Indonesia. Hastag #KamiKembali adalah representasi atas semangat TVRI mengejar peluang kebutuhan atas informasi yang independen, netral dan bebas dari kepentingan manapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan aktivitas yang tengah dilakukan TVRI dalam membangun reputasi guna memenuhi kebutuhan layanan informasi dari Sabang sampai Marauke. Tipe penelitian ini adalah deskriptif analisis menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan yaitu transisional organisasi dimana TVRI mengedepankan aspek Humas Relations dalam merepresentasikan nilai branding. Hasil penelitian menunjukan adanya upaya perbaikan kualitas brand TVRI seperti memperbaharui kanal 4 sport menjadi High Definition (HD). Pembaharuan SDM dengan melaksanakan reformasi birokrasi sudah dilakukan sejak 2017 dengan memperbanyak jumlah pekerja milenial. Untuk mendapat kepercayaan dari stakeholders, TVRI menjalankan aktivitas good governance misalnya dengan memiliki PPID baik secara luring maupun daring. Sejauh ini aktivitas di ranah digital mengalami perkembangan masif dan tidak berfokus pada status quo. Kata Kunci : Brand, Komunikasi Publik, Lembaga Penyiaran Publik, Media Baru, Reputasi, Strategi, Televisi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 257
Call Number: SK/42/19/058
NIM/NIDN Creators: 44215010123
Uncontrolled Keywords: Brand, Komunikasi Publik, Lembaga Penyiaran Publik, Media Baru, Reputasi, Strategi, Televisi
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:50
Last Modified: 03 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55659

Actions (login required)

View Item View Item