AGUSTIANI, KHODIJAH DWI (2019) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA DALAM MENJAGA REPUTASI SEBAGAI PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) UNGGULAN MELALUI PENGELOLAAN WEBSITE www.mercubuana.ac.id (Studi Kasus Periode November 2018 – Maret 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The high number of Internet users in Indonesia makes online media as media that can be used by practitioners Public relations (PR) to perform the function of communication. Mercu Buana University (UMB) has a good reputation as Private Universities (PTS) featured. For an educational institution, important long-term factor is to maintain a good reputation, so that attainment achieved by UMB is a challenge to maintain the good reputation already owned. UMB has www.mercubuana.ac.id website managed by two divisions: SU Bureau and the Directorate of Marketing & Public Relations. This study aims to find out how Cyber PR strategy Mercu Buana University in maintaining the reputation of being featured PTS through the website management www.mercubuana.ac.id, The method used is a case study with a qualitative descriptive approach. The theory used in this research is a public relations strategy in the book Cyber Bob Julius Onggo. These results indicate that management www.mercubuana.ac.id website is intended as a means of delivering information to build and maintain a reputation. The Mercu Buana University uses four tools of public relations Cyber six tools are: Website, Email, Social Media and publicity through a search engine. The Mercu Buana University is using Cyber three public relations strategy, namely: 1. Media Relations, namely to establish good relations with the mass media (cooperation conducted with 25 media, including a 25 Metro TV, LKBN Antara, Jawa Pos, Sindo, Trijaya Radio, Indopos, Global TV , RTV, Republika, and so on), 2. The use of Search Engine Optimization (SEO) using basic SEO that Google just took of the page title (keywords used) and SEO on page is inserting relevant keywords in some parts of the site Univeritas Mercu Buana, 3. Using a Content Management writing and simple language and classification according to type of information. Keywords : Strategy, Cyber Public Relations, Website, Reputation. Tingginya jumlah pengguna Internet di Indonesia menjadikan media online sebagai media massa yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi Public relation (PR) untuk menjalankan fungsi komunikasinya. Universitas Mercu Buana (UMB) memiliki reputasi baik sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan. Bagi suatu lembaga pendidikan, faktor jangka panjang yang penting adalah menjaga reputasi baik, sehingga pencapaian yang diraih oleh UMB merupakan sebuah tantangan untuk menjaga reputasi baik yang sudah dimiliki. UMB memiliki website www.mercubuana.ac.id yang dikelola oleh dua divisi yaitu Biro SU& Humas dan Direktorat Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Cyber Public Relation Universitas Mercu Buana dalam menjaga reputasi sebagai PTS unggulan melalui pengelolaan website www.mercubuana.ac.id. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Cyber public relation didalam buku Bob Julius Onggo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan website www.mercubuana.ac.id bertujuan sebagai sarana penyampaian informasi guna membangun dan menjaga reputasi. Universitas Mercu Buana menggunakan empat tools dari enam tools Cyber public relation yaitu : Website, Email, Media Sosial dan publisitas melalui mesin pencari. Universitas Mercu Buana menggunakan tiga strategi Cyber public relation, yaitu : 1. Media Relations yatitu menjalin hubungan baik dengan media massa (kerjasama dilakukan dengan 25 media, diantaranya 25 Metro TV, LKBN Antara, Jawa Pos, Sindo, Trijaya Radio, Indopos, Global TV, RTV, Republika, dan sebagainya), 2. penggunaan Search Engine Optimization (SEO) dengan menggunakan basic SEO yaitu google hanya mengambil dari page title (keyword yang banyak digunakan) dan SEO on page yaitu menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Univeritas Mercu Buana, 3. Pengelolaan Konten dengan menggunakan penulisan dan bahasa yang sederhana dan klasifikasi sesuai jenis informasi. Kata Kunci : Strategi, Cyber Public Relation, Website, Reputasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 19 234 |
Call Number: | SK/42/19/050 |
NIM/NIDN Creators: | 44215010039 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Cyber Public Relation, Website, Reputasi |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 027 General Libraries, General Archives, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines/Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 06:52 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55605 |
Actions (login required)
View Item |