KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEGAWAI PT. TASPEN (PERSERO) (Studi pada Kampanye “Diet Plastik” yang diselenggarakan PT. TASPEN Persero kantor pusat Cempaka Putih Jakarta Pusat Periode Mei –Agustus 2019)

HAMIDAH, NUR INDAH WATI (2019) KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEGAWAI PT. TASPEN (PERSERO) (Studi pada Kampanye “Diet Plastik” yang diselenggarakan PT. TASPEN Persero kantor pusat Cempaka Putih Jakarta Pusat Periode Mei –Agustus 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
9. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB III)
10. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
11. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB V)
12. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Indonesia memiliki masalah yang serius dengan sampah, khususnya sampah yang berasal dari plastik. Sampah plastik begitu berdampak buruk dan berbahaya bagi lingkungan, karena plastik bersifat sulit sekali diuraikan oleh tanah meski sudah tertimbun bertahun-tahun. PT. TASPEN (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah berdiri selama 56 tahun telah melakukan kampanye Public Relations ‘diet plastik’ yang ditujukan untuk publik internal perusahaan yaitu pegawai. Hal ini sejalan dengan tujuan TASPEN untuk mencapai Good Corporate Governance (GCG), yaitu merupakan prinsip-prinsip yang diterapkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan nilai perusahaan, meningkatkan kinerja dan kontribusi perusahaan, serta menjaga keberlanjutan perusahaan secara jangka panjang Konsep manajemen menurut Scoot M. Cutlip Center & Allen H. Center dalam buku Effective Public Relations Edisi Kesembilan,adalah proses perencanaan dimulai dari fact finding (mendefinisikan masalah), planning (merencanakan program), actuating and communicating (bertindak dan berkomunikasi), dan evaluating (mengevaluasi program). Proses perencanaan ini digunakan untuk mempermudah public relations dalam menjalankan suatu program.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan atau pelaksanaan Kampanye Public Relations dalam kegiatan kampanye ‘diet plastik’ yang diselenggarakan PT TASPEN (Persero) Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivisme dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dengan narasumber dan dokumentasi sebagai data sekunder. Tingkat keberhasilan kegiatan ini dilihat dari seberapa besar antusiasme para pegawai yang hadir. Hasil dari kegiatan kampanye ini cukup baik. Pegawai mulai mengurangi penggunaan plastik di kegiataan sehari-hari dalam lingkungan kantor. Kata Kunci : Public Relations, Kampanye Public Relations, Kesadaran Khalayak, Diet Plastik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 365
NIM/NIDN Creators: 44212010099
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Kampanye Public Relations, Kesadaran Khalayak, Diet Plastik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 331 Labor Economics/Ekonomi Perburuhan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 331 Labor Economics/Ekonomi Perburuhan > 331.2 Conditions of Employment/Kondisi Buruh, Kondisi Pekerja, Kondisi Pegawai, Kondisi Karyawan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:28
Last Modified: 18 Mar 2023 08:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55165

Actions (login required)

View Item View Item