HARDIYANTI, ARISKA INDAH (2020) ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM MANAGEMENT DATA TESTING UNTUK KEBUTUHAN TESTING PAKET TELKOMSEL (Studi kasus PT TELKOMSEL). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (5kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
Abstract
Testing is a very important thing in making an application and is done by a Software Tester. At the testing stage is to find errors or damage (bugs) in the application and ensure a system is ready to use. Incorrect and incomplete software testing can cause various problems when the software is used by end-users. PT Telkomsel is a cellular telecommunications operator company in Indonesia. The company provides customers with choices including three simPATI prepaid cards, Loop and Ace, or kartuHALO postpaid services. The Product service is tested in advance by the OCS Tim (Online Charging System) before being sold to customers. The problems that exist in the OCS (Online Charging System) division at PT Telkomsel, namely in making testing scenarios, often have problems where the data recorded does not match the information needs, due to frequent updates. Then the collection of scenario data that is not centralized makes the Tester difficult to do the testing. In Addition, in testing software Products that are done too long, so it is not in accordance with the specified deadline. Unequal Tester capability, because there is no platform to store Product testing data. Delayed in making reports, because the testing results cannot be monitored properly. Therefore an Analysis of business processes is carried out at the OCS (Online Charging System) division, analyzing problems using cause and effect diagrams or fishbone and analyzing needs. The results to be achieved from the Design of this system are to improve the quality of data management in making scenarios in accordance with needs, increase the effectiveness of search data testing, improve control of data collection to speed up the process of making scenarios and testing as well as accommodating all BAU (Business as Usuall) testing information in the OCS (Online Charging System) division. The method used is the SDLC (System Development Life Cycle) method. Key words: Management, Testing, Software, Fishbone, SDLC Testing merupakan suatu hal sangat yang penting dalam pembuatan sebuah aplikasi dan dilakukan oleh Software Tester. Pada tahapan testing yaitu untuk menemukan kesalahan atau kerusakan (bug) pada aplikasi dan memastikan suatu sistem siap digunakan. Pengujian perangkat lunak yang tidak benar dan tidak lengkap dapat mengakibatkan berbagai masalah ketika perangkat lunak tersebut digunakan oleh end-user. PT Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan pelanggan dengan pilihan antara lain yaitu tiga kartu prabayar simPATI, Loop dan Kartu As, atau layanan pascabayar kartuHALO. Layanan produk tersebut dilakukan testing terlebih dahulu oleh Tim OCS (Online Charging System) sebelum dijual ke customer. Permasalahan yang ada pada divisi OCS (Online Charging System) di PT Telkomsel yaitu dalam melakukan pembuatan scenario testing seringkali mengalami kendala dimana data yang tercatat tidak sesuai dengan informasi kebutuhan, dikarenakan seringnya pembaharuan. Kemudian pengumpulan data scenario yang tidak terpusat membuat Tester kesulitan dalam melakukan testing. Selain itu, dalam melakukan testing produk software yang dikerjakan terlalu lama, sehingga tidak sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Kemampuan Tester yang tidak merata, dikarenakan tidak ada suatu platform untuk menyimpan data produk testing. Terlambat dalam pembuatan laporan, dikarenakan data hasil testing tidak dapat termonitoring dengan baik. Oleh sebab itu dilakukan analisa proses bisnis pada divisi OCS (Online Charging System), melakukan analisa permasalahan menggunakan cause and effect diagram atau fishbone serta melakukan analisa kebutuhan. Adapun hasil yang ingin dicapai dari perancangan sistem ini adalah untuk meningkatkan kualitas management data dalam pembuatan scenario sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan efektivitas pencarian data testing, meningkatkan pengendalian terhadap pengumpulan data untuk mempercepat proses pembuatan scenario dan testing serta mewadahi seluruh informasi testing BAU (Business as Usuall) pada divisi OCS (Online Charging System). Metode yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Kata kunci: Management, Testing, Software, Fishbone, SDLC
Actions (login required)
View Item |