AFFIF, AULIA SILVIANI (2020) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENURUNKAN JUMLAH DEFECT PADA PRODUK PLYWOOD DENGAN PENDEKATAN METODE DMAIC DI SAMPOERNA KAYOE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Halaman Pernyataan.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Halaman Pengesahan.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (107kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB II)
11. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract
In the industrial world there will always be competition between companies. Consumer satisfaction is the main factor that determines the victory in competition in the world industry. Consumer satisfaction can be achieved by maintaining the quality of the products produced. This finally led to Sampoerna Kayoe PT. XYZ does quality improvement to be better than before. In this study focused on reducing the number of defects found in the process of plywood production at PT. XYZ with the methods used are DMAIC, Define, Measure, Analyze, Improve and Control. Based on the research results obtained, it is known that the average value of DPMO calculation is 41010 with a sigma value of 3.24. The biggest defect occurred in the type of bubble defect which reached 51.2% with a total of 32243 units. And from the results of the analysis using fishbone diagrams and FMEA obtained the causes of bubble defects, namely not doing manual glue polish, uneven glue spreads, dirty machine conditions, and uneven material surfaces. Therefore it is very necessary to do repairs in order to reduce the number of defects that occur at PT. XYZ. Keywords: DMAIC, Fishbone diagram, FMEA Pada dunia industri akan selalu adanya persaingan antar perusahaan. Kepuasaan konsumen menjadi faktor utama yang mampu menentukan kemenangan dalam adanya persaingan ini di dunia industri. Kepuasan konsumen dapat diraih dengan menjaga kualitas pada produk yang dihasilkan. Hal ini yang akhirnya mendasari untuk PT. XYZ melakukan perbaikan kualitas untuk menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Pada penelitian kali ini difokuskan pada penurunan jumlah defect yang terdapat pada proses produksi plywood di Sampoerna Kayoe PT. XYZ dengan metode yang digunakan yaitu DMAIC, Define (merumuskan), Measure (mengukur), Analyze (menganalisa), Improve (memperbaiki) dan Control (mengendalikan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa nilai rata-rata perhitungan DPMO yaitu 41010 dengan nilai sigma 3.24. Defect terbesar terjadi pada jenis defect gelembung yang mencapai 51.2% dengan jumlah 32243 unit. Dan dari hasil analisa menggunakan fishbone diagram dan FMEA didapatkan penyebab dari defect gelembung, yaitu : tidak dilakukannya poles glue manual, labur glue tidak rata, kondisi mesin kotor, dan permukaan bahan tidak rata. Maka dari itu sangat perlu dilakukannya perbaikan guna untuk mengurangi jumlah defect yang terjadi pada PT. XYZ. Kata Kunci : DMAIC, Fishbone diagram, FMEA
Actions (login required)
View Item |