Irwanti, marlinda and morissan, morissan and sukamdani, Hariyadi B. and Harahap, atiqa Khaneef and saragih, Nurhayani and Hanika, Ita musfirowati and Yani, Ni Luh made and Putranto, algooth and Jamalullail, Jamalullail and angelita, Gloria and Yulianti, elis (2023) MEMIKIRKAN KEMBALI PERAN STUDI KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN PASCA PANDEMI COVID-19. Damera Press. ISBN 978-623-88-4386-2
Text (Peran Studi Pasca)
Peran Studi Pasca Covid Final_new Full Cover copy.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Hak Cipta Book Chapter (HAKI))
2023 02Hak Cipta BOOK CHAPTER Peran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (FULL JURNAL)
Peran Studi Pasca Covid Final_new Full Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Studi ini mencoba untuk mengeksplorasi berbagai hasil studi yang relevan untuk memahami sepenuhnya penggunaan dan peran media sosial pada lembaga pendidikan selama pandemi COVID-19. Pencarian menyeluruh pada database dari berbagai jurnal bereputasi menghasilkan 34 studi empiris terkait yang ditulis selama periode Januari 2020 dan April 2021. Hasilnya menunjukkan sejumlah temuan sebagai berikut: 1) media sosial membuka peluang dan mendukung terjadinya transisi kepada lingkungan belajar yang sepenuhnya daring (online); b) mayoritas kajian mengenai peran media pada lembaga pendidikan fokus pada perspektif mahasiswa; c) tidak adanya kebijakan yang jelas menghambat penggunaan media sosial secara efektif dalam proses pembelajaran. Tinjauan literatur ini menawarkan suatu agenda penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang potensi pendidikan melalui media sosial mengingat bahwa platform ini kurang dimanfaatkan untuk pengajaran dan pembelajaran selama pandemi. Agar perguruan tinggi dan pemerintah menyadari nilai manfaat media sosial dalam mendorong keberlanjutan program pendidikan, penelitian ini juga menawarkan beberapa implikasi praktis yang dapat digunakan di lembaga pendidikan. Keywords: higher education, social media, online learning, systematic literature review
Actions (login required)
View Item |