KRISNAYANA, ANGGADA (2020) ANALISIS PERPINDAHAN MODA DARI KENDARAAN PRIBADI KE LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) JABODEBEK (Studi Kasus: Lintas Pelayanan II Cawang - Kuningan - Dukuh Atas). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV HASIL DAN ANALISA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN (FORMAT KUISIONER)(1).pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Abstract
Currently, the development of a mode that integrates the Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi area is underway, namely the Jabodebek Light Rail Transit, which is also a solution in dealing with congestion in the capital. Required a study to know the probability of private vehicle user movement to Light Rail Transit user if multiple travel scenario options are given. The study aims to determine the proportion of the probability of the movement, by proposing 4 scenarios to 100 respondents who have been through screening. The method used in this research is regression logistic (logit binary) consist of 4 stages; The first stage is the most dominant variable candidate selection; second stage two is a probability analysis in which includes feasibility test and scenarios test; third stage is sensitivity analysis, and the fourth stage is to recognize the characteristics of respondents who are willing to move over as Light Rail Transit user based on the scenario of the highest probability. The independent variables used in test scenarios are cost, travel time and headway. For the data processing used program SPSS 23. The results of this study are known that the best scenario to be applied is scenario 1 which is 82.11% of car respondents and 64.66% of motor respondents are willing to switch to use Light Rail Transit. Meanwhile, the worst scenario is scenario 2, which is 74.31% of car respondents and 36.03% of motor respondents are willing to switch to use Light Rail Transit. From the results of the sensitivity analysis, it is known that the most sensitive variable to the respondent's decision to switch from their personal vehicle to the Light Rail Transit is the travel time, which was proved that probability of the car user movement decline by 20.05% and the motorcycle user decline as much 56.19% if the travel time of the Light Rail Transit rises by 2 fold. Respondents who are willing to switch to the majority Light Rail Transit are 17-25-year-old males, with monthly earning > Rp4.000.000,- Keywords: Light Rail Transit, Logit binary, displacement probability, Choice mode, test scenarios. Saat ini sedang berlangsung pembangunan moda yang mengintegrasikan daerah Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi, yakni Light Rail Transit Jabodebek yang juga merupakan solusi dalam menangani kemacetan pada Ibu kota. Diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui nilai probabilitas perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke Light Rail Transit jika diberikan beberapa pilihan skenario perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi probabilitas perpindahan tersebut, dengan mengajukan 4 skenario kepada 100 responden yang telah melalui penyaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistic (logit biner) yang terdiri dari 4 tahap; tahap pertama yaitu seleksi kandidat variabel yang paling dominan; tahap ke dua adalah analisa probabilitas yang di dalamnya mencakup uji kelayakan dan uji skenario; tahap ketiga adalah analisa sensitivitas, dan tahap ke empat adalah mengatahui karakteristik responden kendaraan pribadi (mobil dan motor) yang bersedia pindah alih menggunakan Light Rail Transit berdasarkan skenario dengan probabilitas tertinggi dari seluruh skenario yang tersedia. Variabel independen yang digunakan pada uji skenario adalah biaya, waktu perjalanan dan headway. Untuk pengolahan data digunakan program SPSS 23. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa skenario terbaik untuk diterapkan adalah skenario 1 yaitu sebanyak 82,11% responden mobil dan sebanyak 64,66% responden motor yang bersedia beralih menggunakan Light Rail Transit. Sementara itu, skenario terburuk adalah skenario 2 yaitu sebanyak 74,31% responden mobil dan sebanyak 36,03% responden motor bersedia beralih menggunakan Light Rail Transit. Dari hasil analisa sensitivitas, diketahui bahwa variabel yang paling sensitif terhadap keputusan responden untuk berpindah alih dari kendaraan pribadi mereka ke Light Rail Transit adalah waktu perjalanan, yang terbukti mengakibatkan probabilitas perpindahan pengguna mobil menurun sebanyak 20,05% dan pengguna motor naik sebanyak 56,19% jika waktu perjalanan naik sebesar 2 kali lipat. Responden yang bersedia beralih ke Light Rail Transit mayoritas adalah laki-laki berusia 17-25 tahun, dengan penghasilan per bulan > Rp4.000.000,- Kata kunci: Light Rail Transit, Logit Biner, Probabilitas Perpindahan, Moda Choice, Uji Skenario.
Actions (login required)
View Item |