PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK PADA RUKUN WARGA 05 CENGKARENG TIMUR DENGAN PENERAPAN METODE NAIVE BAYES

MELIANA, MELIANA (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK PADA RUKUN WARGA 05 CENGKARENG TIMUR DENGAN PENERAPAN METODE NAIVE BAYES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Judul.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar Lampiran.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)

Abstract

Abstract - Public service is a service provided by the government as the state administrator of the community to meet the needs of the community itself and has a purpose to improve the welfare of the community. The forms of service that are in the neighborhood of Citizenship 05 include basic administrative services, for example: services for making Family Cards, Birth Certificates, Death Letters, KTPs, Not Available Certificate (SKTM) and many others. The problem faced by the pillars of 05 is the administration and bureaucracy that have not been computerized, causing public services to be long. In addition, there are still many public service irregularities in the Rukun Warga 05, especially in the deviation from giving an insufficient certificate. Previous research on poor SKTM recipients in Jambi City was one of the bases of this research. The design of the public service information system in the RW 05 area was designed using several modules, namely the citizen reporting module, RW work program evaluation module, RT work program distribution module, citizen administration module, evaluation of SKTM giving, socialization module and citizen information. The implementation of this public service uses a prototype method and uses PIECES analysis with the application of naive bayes for selection of inadequate certificates so that public services and the provision of SKTM can be done effectively, efficiently and on target. Keywords:Naïve Bayes, PIECES, Services Public, SKTM, Web Abstrak – Pelayanan publik merupakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara terhadap masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bentuk-bentuk pelayanan yang ada di lingkungan Rukun Warga 05 meliputi pelayanan administrasi dasar misalnya: layanan pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Kematian, KTP, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan masih banyak yang lainnya. Masalah yang dihadapi oleh rukun warga 05 adalah adanya administrasi dan birokrasi yang belum terkomputerisasi sehingga menyebabkan pelayanan publik ke masyarakat menjadi lama. Selain itu juga dalam pelaksanaannya masih banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan pelayanan publik di Rukun Warga 05 khususnya dalam penyimpangan pemberian surat keterangan tidak mampu. Penelitian terdahulu tentang warga miskin penerima SKTM di kota jambi menjadi salah satu yang melandasi penelitian ini. Perancangan sistem informasi pelayanan publik pada RW 05 dirancang dengan menggunakan beberapa modul yaitu modul pelaporan warga, modul evaluasi program kerja RW, modul distribusi program kerja RT, modul administrasi warga, evaluasi pemberian SKTM, modul sosialisasi dan informasi warga. Implementasi dari pelayanan publik ini menggunakan metode prototype dan menggunakan analisa PIECES dengan penerapan naive bayes untuk penyeleksian surat keterangan tidak mampu sehingga pelayanan publik dan pemberian SKTM dapat dilakukan secara efektif, efisien dan tepat sasaran. Kata Kunci :Naive Bayes, Pelayanan Publik, PIECES, SKTM, Web

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 011
NIM: 41817110053
Uncontrolled Keywords: Naive Bayes, Pelayanan Publik, PIECES, SKTM, Web
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.752 Blogs/Blog, Web Blog
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:26
Last Modified: 08 Jan 2020 01:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51649

Actions (login required)

View Item View Item