EFEK TERPAAN PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE DI TRANS TV TERHADAP MAHASISWA PENCINTA ALAM UNIVERSITAS INDONESIA

Chairani, Chuntum (2017) EFEK TERPAAN PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE DI TRANS TV TERHADAP MAHASISWA PENCINTA ALAM UNIVERSITAS INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

My Trip My Adventure adalah salah satu program yang tayang di Trans Tv. Tayangan dokumenter yang memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat. Dan sebagai responden yaitu mahasiswa pencinta alam Universitas Indonesia. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui besarnya efek terpaan program my trip my adventure terhadap mahasiswa pencinta alama (Mapala) Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian korelasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS ver 16 . Dalam penelitian efek komunikasi massa, kita melihat pasang surut efek media massa pada pandangan peneliti. Ada satu saat ketika media massa dipandang sangat berpengaruh, tetapi ada saat lain ketika media massa dianggap sedikit, bahkan hampir tidak ada pengaruhnya sama sekali. Hal ini juga berkaitan dengan teori SOR, dimana pesan yang disampaikan kepada komunikan mungkin diterima atau ditolak. Dimana sebelum menjadi efek, pesan tersebut diolah terlebih dahulu oleh komunikan. Jika ditolak artinya proses selanjutnya terhenti. Dan berarti stimulus tidak efektif dalam mempengaruhi organisme. Jika stimulus diterima berarti adanya komunikasi dan perhatian dari organisme, dalam hal ini stimulus efektif dan ada reaksi. Dimana langkah selanjutnya apabila stimulus efektif maka adanya perubahan sikap terhadap organisme. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa stimulus yang diberikan kepada responden efektif dan adanya reaksi walaupun reaksi yang hasilkan tidak terlalu signifikan atau sedang. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa koefesien korelasi efek kognif, efek afektif, dan efek behavioral menunjukan bahwa my trip my adventure memiliki hubungan cukup tinggi dengan mahasiswa pencinta alam Universitas Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 195
NIM/NIDN Creators: 44111110078
Uncontrolled Keywords: PROGRAM TV, MY TRIP MY ADVENTURE, MAHASISWA PENCINTA ALAM UNIVERSITAS INDONESIA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait > 778.59 Video Production (Television Photography)/Produksi Video (Fotografi Televisi)
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu > 904.7 Events Induced by Human Activity/Acara yang Diselenggarakan Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Tika Anggraeni
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:53
Last Modified: 25 Feb 2022 03:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51386

Actions (login required)

View Item View Item