FISOLATI LAILI, DYAH (2020) EVALUASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT AUDIOVISUAL APLIKASI POLISIKU SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI EKSTERNAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
Abstract
The development of technology today is increasingly advanced and rapid, as well as the wider needs of information in the community, thus making organizations or companies want the presentation of information that is effective, accurate and interesting in terms of the appearance and content of the contents therein. The Indonesian Police ICT DIV has launched the "Polisiku" application, which is an intermediary application for police assistance to the public. The author makes the design of Public Service Advertisements with the title "My Police Is Closer to the Community". The method chosen as the medium for delivering messages or information is Public Service Announcements (PSAs). Public Service Advertising (Public Service Anniversary) is one of the products produced by Public Relations that serves as a medium of information, communication and promotion. Public Service Announcements (PSAs) are advertisements that are used to convey information, invite or educate audiences, where the ultimate goal is not to gain economic benefits, but rather social benefits. The purpose of this paper is to make audiovisual Public Service Announcements so that they can be an effective attraction, especially in the delivery of information. This writing is not just making and producing public service advertisements, this writing also contains evaluations conducted, so that the products produced are effective and in line with the expectations of relevant parties both internal and external. The writer who acts as the evaluator is responsible for the process of the role of the PR in the Problem Solving Process Facilitator which can be interpreted as a facilitator and problem solving process. Keywords: Communication, Informative, Audiovisual, Public Service Advertisements, Evaluation, Message Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan pesat, serta semakin luasnya kebutuhan informasi pada masyarakat, sehingga membuat organisasi atau perusahaan menginginkan penyajian informasi yang efektif, akurat dan menarik dari segi tampilan maupun isi konten didalamnya. DIV TIK Polri telah meluncurkan aplikasi “Polisiku”, yaitu aplikasi perantara bantuan polisi kepada masyarakat. Penulis membuat perancangan Iklan Layanan Masyarakat dengan judul ”PolisiKu Lebih Dekat Dengan Masyarakat”. Metode yang dipilih sebagai media penyampaian pesan atau informasi ini adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucment) merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh Public Relations yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi dan promosi. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mengajak atau mendidik khalayak, di mana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Tujuan penulisan ini adalah membuat Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucment) audiovisual agar dapat menjadi daya tarik yang efektif, terutama dalam penyampaian informasi. Penulisan ini tidak hanya sekedar membuat dan memproduksi iklan layanan masyarakat saja, penulisan ini juga berisikan evaluasi yang dilakukan, agar produk yang dihasilkan efektif dan sesuai ekspektasi dari pihak terkait baik internal maupun eksternal. Penulis yang berperan sebagai evaluator, bertanggungjawab dalam proses peran PR di Problem Solving Process Fasilitator yang mana dapat diartikan sebagai fasilitator dan proses pemecahan masalah. Kata Kunci : Komunikasi, Informatif, Audiovisual, Iklan Layanan Masyarakat, Evaluasi, Pesan
Actions (login required)
View Item |