MAISA, NADIA (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DENGAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK (Survei Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal yang terjadi di dunia pendidikan terjalin atas banyak aspek, diantaranya adalah dosen dan mahasiswa. Dalam membina komunikasi interpersonal yang baik dengan mahasiswa dosen harus dapat memahami karakteristik dari mahasiswa yang diajarnya. Perkembangan komunikasi interpersonal yang terjaga akan memelihara prestasi mahasiswa, seberapa baik mereka mengerjakannya dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi tergantung dengan bagaimana cara dosen menyampaikan materi dan seberapa baik dosen menjalin komunikasi interpersonal dengan mahasiswa bimbingannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Interpersonal Dosen dengan Mahasiswa dan Prestasi Akademik. Komunikasi Interpersonal dikur berdasarkan Teori DeVito, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan, sementara prestasi akademis mahasiswa diukur menggunakan teori S-O-R, yaitu Kognisi, afeksi dan konasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian korelasi deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan populasinya adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor ,70 orang mahasiswa sebagai sample penelitian Hasil penelitian ini membahas mengenai hubungan komunikasi interpersonal dosen dengan mahasiswa dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, dalam hal ini dosen sangat berperan penting dalam mencapat peningkatan prestasi akademik mahasiswa, terbukti dengan terbuktinya hipotesis penulis mengenai tingginya tingkat korelasi antara komunikasi interpersonal dosen dengan meningkatnya prestasi akademik dari mahasiswa Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal (X) dengan prestasi akademik (Y) secara simultan saling berhubungan, dengan nilai correlation coefficient sebesar 0,734** nilainya bersifat tinggi yang artinya semakin baik komunikasi interpersonal yang dijalin oleh dosen dengan mahasiswa maka akan berdampak pada tingkat prestasi akademik mahasiswa. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar, Teori S-O-R
Actions (login required)
View Item |