ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA ISI IKLAN TVC BUKALAPAK EDISI TAHUN BARU IMLEK VERSI IBU LINDA (Analisis Resepsi Iklan TVC Bukalapak edisi Tahun Baru Imlek Versi Ibu Linda)

AQUESTIN, FRIESLY (2019) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA ISI IKLAN TVC BUKALAPAK EDISI TAHUN BARU IMLEK VERSI IBU LINDA (Analisis Resepsi Iklan TVC Bukalapak edisi Tahun Baru Imlek Versi Ibu Linda). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01] COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02] ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03] LEMBAR PERNYATAAN MAHASISWA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04] LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07] DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08] DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09] DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10] BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
11] BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
12] BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
13] BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
14] BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15] DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)

Abstract

Promotion is an important thing for introducing the product to be traded. Promotion is one of marketing activities to inform and influence consumers to buy products or services that are sold. Promotions are usually carried out through advertisements ranging from advertisements in magazines, radio, and television. Advertising is currently packed with creative ideas made by advertising agencies and also interference from companies whose products will be advertised. This research was conducted to aim to find out the analysis of audience receptions on the contents of Bukalapak TVC's advertisement for the Lunar New Year version Mrs. Linda and how the audience thinks about the Bukalapak ad. The researcher uses the theory of Reception Analysis, which is a study that sees audiences as active participants in building or interpreting meaning. This study uses the constructivism paradigm with a qualitative approach. Constructivism paradigm is a reality that is not formed scientifically but is formed and constructed differently by everyone. Through this paradigm and approach, it is expected to be able to describe the results of research. Based on the results of the study, it was shown that the analysis of audience receptions on the contents of the Linda New Year edition of TVC Bukalapak ads was mostly informants in the Dominant Hegemonic Position category. Which is where the informants perceived the Bukalapak ad with the same understanding based on what was delivered by Bukalapak. Kata Kunci: Promotion, Reception Analysis, Active Audience Promosi merupakan hal penting untuk salah satu tujuan yaitu memperkenalkan produk yang akan diperjualbelikan. Promosi merupakan salah satu dari kegiatan pemasaran untuk menginformasikan dan mempenngaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang di jual. Promosi biasanya dilakukan melalui sebuah iklan mulai dari iklan di majalah, di radio, maupun iklan di televisi. Iklan pada saat ini dikemas dengan ide-ide kreatif yang dibuat oleh biro iklan dan juga campur tangan dari perusahaan yang produknya akan di iklankan. Penelitian ini dilakukan untuk bertujuan mencari tahu analisis resepsi khalayak pada isi iklan TVC Bukalapak edisi Tahun Baru Imlek versi ibu Linda. Bagaimana khalayak berpendapat mengenai iklan Bukalapak tersebut. Peneliti menggunakan teori Reception Analysis yang merupakan studi yang melihat khalayak sebagai partisipan aktif dalam membangun atau menginterpretasikan makna. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualtitatif. Paradigma Konstruktivisme adalah realitas yang tidak dibentuk secara ilmiah tetapi dibentuk dan dikonstruksikan secara berbeda-beda oleh semua orang. Melalui paradigma maupun pendekatan ini diharapkan mampu menggambarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa analisis resepsi khalayak pada isi iklan TVC Bukalapak edisi Tahun Baru Imlek versi Ibu Linda kebanyakan informan masuk pada kategori Dominant Hegemonic Position. Yang dimana para informan meresepsikan iklan Bukalapak tersebut dengan pemahaman yang sama berdasarkan apa yang disampaikan oleh Bukalapak. Kata Kunci: Promosi, Reception Analysis, Khalayak Aktif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/43/19/015
NIM: 44314010044
Uncontrolled Keywords: Promosi, Reception Analysis, Khalayak Aktif
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:47
Last Modified: 23 Sep 2019 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50842

Actions (login required)

View Item View Item