PERBEDAAN MODEL MINAT BERWIRAUSAHA ANTARA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MERCU BUANA DAN FAKULTAS EKONOMI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (STUDI KOMPARATIF)

ROHMAWATI, SITI (2020) PERBEDAAN MODEL MINAT BERWIRAUSAHA ANTARA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MERCU BUANA DAN FAKULTAS EKONOMI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (STUDI KOMPARATIF). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia's labor conditions still need serious attention. There are still many unemployed people who are actually dominated by educated circles. The high unemployment rate is also due to the large number of college graduates who want to find job rather than those who can create their own jobs by becoming entrepreneurs. There are many factors that influence the decision of students / alumni to start a business or entrepreneurship. One of program in reducing unemployment and increasing employment is entrepreneurship education. Mercu Buana University and Bina Nusantara University are among the tertiary institutions in Indonesia that provide entrepreneurship education. This study aims to determine the effect of internal and external factors on entrepreneurial intention mediated by entrepreneurial cognition at Mercu Buana University and Bina Nusantara University. This study uses a quantitative approach with data analysis in testing the measurement model and testing the structural model using SmartPLS software version 3.2.7. The results of the study can show that internal factors and external factors have a significant positive effect on entrepreneurial cognition and entrepreneurial intention in Mercu Buana University and Bina Nusantara University, if internal factors and external factors are mediated by entrepreneurial cognition variable, the effect becomes significant on entrepreneurial intention. In addition, entrepreneurial cognition also has a significant positive effect on entrepreneurial intention in Mercu Buana University and Bina Nusantara University Keywords: Internal Factors, External Factors, Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Cognition. Kondisi ketenagakerjaan Indonesia masih memerlukan perhatian serius. Masih banyaknya pengangguran yang justru didominasi oleh kalangan berpendidikan. Tingginya angka pengangguran juga disebabkan masih banyaknya lulusan perguruan tinggi yang ingin mencari pekerjaan daripada yang bisa menciptakan pekerjaan sendiri dengan menjadi wirausaha. Ada banyak faktor mempengaruhi keputusan mahasiswa/alumni untuk memulai suatu bisnis atau berwirausaha. Salah satu langkah dalam menekan pengangguran dan menambah lapangan pekerjaan yaitu dengan berwirausaha melalui pendidikan kewirausahaan. Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat wirausaha yang dimediasi oleh kognisi kewirausahaan di Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data dalam menguji model pengukuran dan menguji model struktural menggunakan software SmartPLS versi 3.2.7. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh positif signifikan terhadap kognisi kewirausahaan dan minat wirausaha pada mahasiswa Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara, apabila faktor internal dan faktor eksternal dimediasi oleh variabel kognisi kewirausahaan, pengaruhnya menjadi signifikan terhadap minat wirausaha. Selain itu, kognisi kewirausahaan juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat wirausaha pada mahasiswa Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Minat Wirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Kognisi Kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 20 001
Call Number: TM/51/21/009
NIM/NIDN Creators: 55118010027
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 156 Comparative Psychology/Psikologi Perbandingan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 378 Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:38
Last Modified: 22 Apr 2022 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50219

Actions (login required)

View Item View Item