PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus SMK Global Informatika Kota Tangerang)

FAISAL, IMAM (2020) PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus SMK Global Informatika Kota Tangerang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The background of this research is the high unemployment rate in Indonesia and the biggest contributor to unemployment in Indonesia is vocational graduates, this study aims to determine the effect of entrepreneurship characteristics, knowledge and motivation on entrepreneurial interest both simultaneously and partially, with entrepreneurship motivation as a mediating variable. This type of research is causality using a quantitative approach. The study population was students of SMK Global Informatika. The sampling technique uses probability sampling method. The number of samples determined was 95 respondents. The data analysis method uses structural equation modeling with descriptive statistical tests, data validity and reliability tests and hypothesis testing using the SmartPLS Version 3.0 for Windows program. Based on the results of testing the coefficient of determination produces an R-Square value of 0.489 for motivation and 0.646 for entrepreneurship interest, this shows the influence of entrepreneurial characteristics and knowledge variables on entrepreneurial motivation by 48.9 percent, then the effect of characteristics, knowledge and motivation of entrepreneurship by 64.6 percent, while the remaining 51.1 percent and 35.4 percent are influenced by other factors not examined. The results of this study indicate that: (1) entrepreneurial characteristics and knowledge have a significant positive effect on entrepreneurial motivation; (2) the characteristics, knowledge and motivation of entrepreneurship have a significant positive effect directly on entrepreneurial interest; (3) If the characteristics and knowledge of entrepreneurship are mediated by entrepreneurial motivation variables, both of these variables have a partial effect of mediating entrepreneurial interest. Keywords: characteristics, knowledge, motivation, entrepreneurial interest. Indonesia dan penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia adalah lulusan SMK, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik, pengetahuan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha baik secara simultan maupun parsial, dengan motivasi berwirausaha sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Global Informatika. Teknik sampling menggunakan metode probability sampling. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 95 responden. Metode analisis data menggunakan model persamaan struktural dengan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas data serta uji hipotesis menggunakan program SmartPLS Versi 3.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi menghasilkan nilai RSquare masing-masing sebesar 0,489 untuk motivasi dan 0,646 untuk minat berwirausaha, hal ini menunjukkan pengaruh variabel karakteristik dan pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 48,9 persen, kemudian pengaruh karakteristik, pengetahuan dan motivasi berwirausaha sebesar 64,6 persen, sedangkan sisanya sebesar 51,1 persen dan 35,4 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakteristik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi berwirausaha; (2) karakteristik, pengetahuan dan motivasi berwirausaha berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap minat berwirausaha; (3) Apabila karakteristik dan pengetahuan kewirausahaan dimediasi oleh variabel motivasi berwirausaha, kedua variabel tersebut memiliki efek parsial mediasi minat berwirausaha. Kata Kunci: karakteristik, pengetahuan, motivasi, minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 20 003
Call Number: TM/51/21/008
NIM/NIDN Creators: 55118010025
Uncontrolled Keywords: karakteristik, pengetahuan, motivasi, minat berwirausaha.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter > 155.25 Character Development/Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:52
Last Modified: 22 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50156

Actions (login required)

View Item View Item