JULIANI, RIZKA (2020) PENGARUH KONTEN VLOGGER TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KREATIF REMAJA DI JAKARTA BARAT (Survey pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Regular 1 Angkatan 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (707kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
||
Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The development of social media is now increasingly advanced, one example with the emergence of YouTube social media. YouTube can make it easier for someone to watch and upload videos with a long duration. The development of social media gives a new color to the community so that more and more people present a variety of unique and creative video content. The Uses and Gratifications Theory is a theory of how media meets personal and social needs. The public has the authority to treat the media, how the audience uses the media and how the media will affect him. Because of this theory is called the theory of use and fulfillment of needs. This research is quantitative by using the positvism paradigm. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to the students of the Faculty of Communication Studies, Mercu Buana Angakatan University 2016, as many as 172 people. Sampling technique in this study was simple random sampling. Based on the results of the research and data analysis that has been done, the results show that the vlogger content has a positive and significant effect on the formation of the creative attitude of adolescents in West Jakarta. Keywords: Vlogger Content, YouTube, Attitude, Creative Attitudes Perekembangan media sosial saat ini sudah semakin maju, salah satu contohnya dengan munculnya media sosial YouTube. YouTube dapat memudahkan seseorang untuk menonton dan meng-upload video dengan durasi yang lama. Berkembangnya media sosial ini memberikan warna baru kepada masyarakat sehingga semakin banyak orang-orang menyajikan berbagai macam konten video unik dan kreatif. Teori Uses and Gratifications adalah teori tentang bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial kalayak. Khalayak mempunyai kewenangan dalam memperlakukan media, bagaimana khalayak menggunakan media dan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya. Karena dari itu teori ini disebut dengan teori penggunaan dan pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan paradigma positvisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Angakatan 2016 sebanyak 172 orang. Teknik pengambilan sampel paea penelitian ini adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil dari peneltian dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa konten vlogger berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan sikap kreatif remaja di Jakarta Barat. Kata Kunci: Konten Vlogger, YouTube, Sikap, Sikap Kreatif
Actions (login required)
View Item |