FIRMANSYAH, HERI (2018) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE OFFICER DALAM MENANGANI HARD COMPLAIN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Call Center PLN 123 Site Jakarta Periode 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04. ABSTRAK.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02. Surat Pernyataan.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 Daftar Isi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. Daftar Lampiran.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Call Center PLN 123 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan publik (Public Service), perusahaan yang senantiasa memperhatikan pelayanan. Melalui Customer Service Officer perusahaan memberikan tugas untuk menjalankan peranan seorang Public Relations melalui kegiatan customer relations. Untuk itu dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan sesuai agar dapat terjalin komunikasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara & observasi langsung untuk melakukan pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik data primer dan sekunder, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi customer service officer dalam menghadapi permasalahan besar (hard complain) pelanggan, seperti pemilihan dan penetapan komunikator, target sasaran dan analisis kebutuhan, teknik menyusun pesan serta pemilihan media dan saluran komunikasi.. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dijalankan oleh customer service officer di Call Center PLN 123 dalam menangani hard complain yaitu pemilihan dan penetapan customer service officer yang telah memiliki kompetensi cukup baik secara hard skill maupun soft skill, menetapkan target sasaran yang terdiri dari sisi pelayanan dan dari sisi aktivitas serta analisis kebutuhan pelanggan, menyusun pesan atau informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, memilih media dan saluran komunikasi yang tepat dan sesuai untuk komunikasi lebih efektif dan efisien. . Kata kunci: strategi komunikasi, pelayanan, customer relations, customer service, complain handling, call center
Actions (login required)
View Item |