PEMANFAATAN INSTANT MESSENGER GRUP LINE OLEH MAHASISWA/I PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA

HAKIKI, IQNESTITA DWI (2019) PEMANFAATAN INSTANT MESSENGER GRUP LINE OLEH MAHASISWA/I PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
8. Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
4. Kata Pengantar.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5. Daftar Isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
6. Tabel.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, khususnya dalam bidang komunikasi. Media komunikasi saat ini sangat beragam serta tidak memandang jarak dan waktu yang ditentukan yaitu media sosial. Media sosial yang cukup populer dikalangan mahasiswa/i Public Relations Universitas Mercu Buana salah satunya adalah LINE Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi Dedy Mulyana tentang komunikasi verbal seperti bahasa tanda, bahasa tindakan dan bahasa objek. Komunikasi non verbal seperti paralanguage, kinescis, sentuhan dan proxemics. Selain teori itu, juga menggunakan teori Alo Liliweri tentang gaya komunikasi frendly style, animated style, dominant style, dramatic style, relaxed communication style dan open style. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mencoba untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian dan mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perpektif partisipan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber yaitu mahasiswa/i Public Relations Universitas Mercu Buana yang memiliki grup LINE. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa/i menggunakan LINE karena praktis, populer dikalangan anak muda dan fitur lengkap, LINE juga digunakan untuk keperluan perkuliahan seperti grup angkatan dan grup organisasi seperti HIMA PR di Universitas Mercu Buana Bidang Studi Humas. Sedangkan fitur yang sering digunakan adalah stiker, emoticon, free call, video call dan chatting. Dengan demikian, gaya komunikasi yang dilakukan mengarah kepada bersahabat atau frendly style dan animasi atau animated style. Selain itu, juga mengarah pada gaya komunikasi verbal dan non verbal. Kesimpulan dari penelitian ini pemanfaatan aplikasi pesan pada chatting grup LINE yang berkomunikasi mudah dan cepat dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, juga terdapat gaya komunikasi yang digunakan pada mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Bidang Studi Humas, menggunakan gaya komunikasi bersahabat atau frendly style yang berkomunikasi fitur terdapat pada LINE yaitu free call, video call dan chatting. Selain itu, juga menggunakan gaya komunikasi animasi atau animated style yang berkomunikasi fitur terdapat pada LINE stiker dan emoticon. Keywords : Pemanfaatan Media, Gaya Komunikasi, Grup LINE, Verbal dan Non Verbal

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 157
Call Number: SK/42/18/127
NIM: 44214010031
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media, Gaya Komunikasi, Grup LINE, Verbal dan Non Verbal
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 May 2019 05:00
Last Modified: 23 Oct 2019 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47469

Actions (login required)

View Item View Item